12 TIPS BELAJAR BAHASA ARAB AGAR SEPERTI PENUTUR ASLI
The Qur'an has served and continues to serve as a fundamental reference for Arabic www.wikipedia.org

12 TIPS BELAJAR BAHASA ARAB AGAR SEPERTI PENUTUR ASLI

Banyak orang menganggap bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari. Membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk mempelajarinya. Ada sebuah pepatah yang mengatakan “Tujuh tahun mempelajarinya, seumur hidup untuk menguasainya”. Namun setiap masalah pasti ada solusinya, dan segala sesuatu pasti dapat dipelajari. Sesulit apapun bahasa Arab pasti bisa untuk dipelajari. Apalagi jika Anda ingin bekerja atau melanjutkan studi ke negara yang menggunakan bahasa Arab, maka mempelajari dan menguasainya menjadi keharusan.

Ini dia beberaoa tips mempelajari bahasa Arab agar Anda bisa berbicara layaknya penutur asli bahasa Arab.

1. Bahasa Arab Tidak Hanya Satu, Namun Banyak

Bahasa Arab disebut diglossic oleh para ahli bahasa. Diglossic yaitu bahasa yang memiliki 1 bentuk untuk membaca dan menulis serta bentuk lain untuk berbicara. Versi tertulis (disebut Modern Standard Arabic, MSA, atau fusha) konsisten di seluruh dunia Arab, sementara dialek yang diucapkan berbeda dari satu negara ke negara dan wilayah ke wilayah.

Bahasa Arab ini memiliki banyak jenisnya. Jadi Anda harus menentukan bahasa Arab mana yang ingin Anda pelajari

2. Pahami Dialek Bahasanya

Untuk kegunaan dasar, sebagian besar penutur asing menggunakan Bahasa Arab Standar Modern. Tetapi untuk pemahaman mendengarkan yang alami, Anda juga perlu mempelajari dialek sejak dini. Anda perlu menyusuri jalan satu-satunya MSA untuk mengetahu dialek mereka, namun lambat laun Anda bisa mengerti hanya ketika orang berbicara dengan sangat lambat atau ketika Anda menonton acara berbahasa Arab. Selain itu, memiliki beberapa dialek akan membuat penutur asli tidak menertawakan Anda, Anda akan terlihat seperti penutur asli. MSA yang diucapkan membuat Anda terdengar seperti layaknya penduduk asli. Tapi dialek yang mana? Jangan terlalu memikirkannya; cukup gunakan koneksi dan keadaan pribadi terdekat Anda.

3. Jangan Menyingkirkan Modern Standard  Arabic (MSA)

Jika Anda memiliki pendengaran yang baik untuk mengingat bahasa, Anda dapat mengambil dasar-dasar dialek dengan cukup mudah. Tetapi jika Anda adalah tipe orang yang perlu melihat kata-kata tertulis untuk mengingatnya, Anda akan mengalami kesulitan, Anda akan mengalami kekurangan bahan belajar untuk dialek. Karena dialek sulit untuk dituliskan, jadi Anda harus sering melatih pendengaran Anda agar lebih terbiasa mendengarkan berbagai dialek dalam bahasa Arab. Bagaimanapun, beberapa fasilitas dengan MSA adalah kunci untuk kelancaran dalam berbagai situasi, karena memungkinkan Anda untuk membaca majalah dan menggunakan kamus. Dan begitu Anda memahami logika bahasa, Anda dapat membuat lebih banyak tebakan dalam bahasa dialek.

4. Menggunakan Metode Mnemonic

Selain coffee (qahwa) dan aljabar (al-jabr), tidak ada banyak bahasa Inggris-Arab serumpun. Ini berarti Anda tidak dapat menebak kosa kata dengan cara yang Anda bisa dalam bahasa Spanyol atau Prancis, dan Anda harus menjadi ekstra kreatif untuk membuat kosa kata itu melekat di otak Anda. Luangkan waktu untuk mencocokkan bahasa Arab dengan ungkapan serupa yang aneh, dan / atau bangun citra mental yang aneh. Semakin tidak pantas, semakin baik mereka menempel. Yang diberi nilai G yang dirancang oleh seorang teman: Tepuk-tepuk saku Anda dan katakan, "My fish is loose" (mafeesh fulus), yang berarti "Saya tidak punya uang" dalam dialek Mesir.

Metode ini bisa menjadi metode yang efektif untuk Anda dalam mempelajari bahas Arab, terlebih lagi jika Anda sudah menguasai bahasa Inggris maka akan lebih mudah lagi untuk Anda menguasai bahasa Arab.

5. Belajar Menggunakan Kartu Flash

Selain memiliki sedikit bahasa yang sama, bahasa Arab juga memiliki sumber kosakata yang tampaknya tidak berdasar, dan kosakata itu bervariasi tergantung pada apakah Anda membaca koran atau mendengarkan sitkom. Jangan berasumsi bahwa sebuah kata terlalu langka atau aneh, dan Anda tidak akan pernah melihatnya lagi. Buat flash card untuk itu. Kerjakan ke dalam repertoar Anda  dengan begitu Anda akan lebih mudah mempelajarinya, Anda pun bisa  mempelajarinya bersama teman-teman Anda dengan memainkan kartu flash tersebut.

6. Gunakan Kalimat Yang Sederhana

Namun sebaliknya, tahan pesona hanya keanehan dalam bahasa Arab yang akan Anda temukan di kamus. Orang lain yang membaca tulisan atau mendengarkan Anda berbicara atau siapa pun yang menerima surat dari Anda  kemungkinan besar tidak akan menghargai kosakata misterius Anda. Orang Arab mungkin terkenal karena menghormati ekspresi puitis, tetapi mereka juga menghargai gaya penulisan yang jelas dan sederhana. Jadi tidak perlu berbicara atau menulis kata-kata yang aneh. Mungkin menurut Anda itu keren, namun bagi penutur asli hal itu justru terlihat aneh. Jadi cukup gunakan bahasa yang sederhana yang penting dapat dipahami dengan jelas.

7. Tentukan Tujuan Anda Mempelajari Bahasa Arab

Mengapa kamu belajar bahasa Arab? Satu-satunya cara untuk mengambil kosa kata kunci dari lautan sinonim adalah memiliki pencapaian tertentu dalam pikiran. Tentukan tujuan Anda mengapa Anda ingin mempelajari bahasa Arab, apakah Anda ingin bekerja? Ingin menempuh studi? Atau ada hal lain? Dengan mengetahui tujuan Anda, Anda akan lebih mudah kosakata yang harus Anda pelajari terlebih dahulu yang paling Anda butuhkan.

8. Menggunakan Frasa Umum Yang Biasa Digunakan Oleh Penutur Asli

Berbicara dengan menggunakan frasa atau idiom yang biasa digunakan oleh penutur asli membuat Anda nampak seperti penutur aslinya. Anda bisa menemukan frasa dan idiom umun dari berbagai sumber. Khususnya ketika membaca koran, Anda akan menemukan frasa yang diatur dengan makna yang sangat khusus. Pelajari ini. Untuk mengimbangi kemuraman, muatlah pada ungkapan dan ungkapan idiomatis yang menyenangkan dalam dialek apa pun yang Anda pelajari. Mempelajari frasa membuat Anda terdengar lebih lancar  dan itu mengisi lebih banyak ruang percakapan daripada satu kata literal. Bonus: Banyak sajak frasa dialek, sehingga lebih mudah diingat. Al-haraka baraka, seperti yang dikatakan orang Mesir,  semua kemajuan adalah baik.

9. Orang Arab Senang Memuji dan Dipuji

Keramahan dalam bahasa Arab melampaui tolong dan terima kasih, dengan ekspresi yang ditetapkan untuk setiap kesempatan.  Sangat mudah untuk berpikir Anda hanya perlu satu atau dua frasa seperti itu, dan kembali ke kosakata "lebih lunak". Tetapi orang-orang Arab menyukai pujian yang ramah (siapa yang tidak suka dengan pujian, sungguh?), Dan bahkan mungkin untuk membuat seluruh percakapan dari frasa.

10. Gunakan Teknologi

Jika Anda tidak memiliki penutur asli di dekat Anda, manfaatkan sepenuhnya teknologi dan dapatkan guru melalui social media, seperti Skype, Facebook, dll. Tetapi penggunaan Google Translate dengan hati-hati dan benar untuk Bahasa Indonesia ke Bahasa Arab, ini berfungsi cukup untuk membantu Anda memulai ke arah yang benar.

11. Katakan Apa Saja Yang Anda Bisa, Jangan Takut Salah

Ini berlaku untuk bahasa asing apa saja, tentu saja, tetapi itu terutama berlaku untuk bahasa Arab, di mana semua aturan tata bahasa dan kata-kata aneh dapat dengan mudah membuat Anda takut untuk diam. Untungnya, penutur asli bahasa Arab mungkin adalah pendukung penutur asing yang paling antusias di dunia. Bahkan beberapa kata mungkin mereka akan memberi Anda pujian dan dorongan untuk terus berjalan sepanjang tujuh tahun ke depan atau berapa lama pun itu.

Itu dia tips mempelajari bahasa Arab agar bisa seperti penutur asli bahasa Arab. Selamat mencoba!

12. Gunakan Aplikasi ThunderTeacher Untuk Latihan Berkomunikasi Langsung Dengan Guru

Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Arab saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi ThunderTeacher karena Anda bisa belajar bahasa Arab dan bahasa Asing lainnya (Inggris, Korea, Jepang, Jerman, dan Mandarin) dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah lagi.

Thunder Teacher adalah sebuah Platform belajar Bahasa Asing secara Online menggunakan Smartphone dengan fitur VideoCall yang kami ciptakan Anda dapat langsung belajar dengan Guru privat favorit Anda. Jadi Anda akan punya teman berkomunikasi, membaca, menulis, dan mendengarkan langsung dengan Guru privat favorit Anda. Hanya dengan Rp. 30.000,00 saja Anda sudah bisa belajar Bahasa Arab dan Bahasa Asing lainnya.

Keuntungan belajar Bahasa Arab Online di ThunderTeacher yaitu;

  • ► Belajar langsung dengan Guru privat
  • ► Bisa latihan berkomunikasi langsung dengan Guru privat
  • ► Hemat biaya transportasi
  • ► Tidak perlu keluar rumah
  • ► Tidak perlu bermacet-macetan
  • ► Tidak perlu biaya sewa Gedung atau tempat belajar
  • ► Waktu menjadi lebih efektif sehingga waktu Anda bersama keluarga lebih banyak
  • ► Biaya menjadi lebih efisien
Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
Thunder Teacher Team
2020-07-02 12:02:01