BACA INI DULU SEBELUM MULAI BELAJAR BAHASA INGGRIS
The opening to the Old English www.wikipedia.org

BACA INI DULU SEBELUM MULAI BELAJAR BAHASA INGGRIS

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, keterampilan bahasa Inggris pun sangat diperhitungkan dalam bidang apapun. Namun, bagi kebanyakan orang mempelajari bahasa baru seperti bahasa Inggris menjadi hal yang sangat menakutkan. Pikiran tentang bahasa Inggris itu susah selalu menghantui mereka. Padahal sebenarnya mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris tidak semenakutkan yang mereka bayangkan.

Apa Anda pembelajar bahasa Inggris pemula? Apakah Anda bingung darimana Anda memulai? Apakah Anda membutuhkan tips untuk menguasai bahasa Inggris dengan mudah dan cepat? Jika iya, Anda datang di tempat yang tepat. Disini kita akan memberi tips agar Anda lebih mudah dan cepat menguasai bahasa Inggris.

1. Tentukan Tujuan Mempelajari Bahasa Inggris

Mengapa Anda ingin mempelajari bahasa Inggris? Anda harus tahu jawabannya. Sebagai contoh missal Anda belajar bahasa Inggris dikarenakan Anda ingin melanjutkan studi S2 psikologi ke luar negri. Tujuan tersebut akan menjadi motivasi bagi Anda untuk mempelajari bahasa Inggris. Tak hanya itu, jika Anda mengetahui apa tujuan Anda, maka hal itu akan membantu Anda mengidentifikasi bidang yang harus Anda dalami dalam menguasai bahasa Inggris. Sehingga Anda tidak perlu lama mempelajari bahasa Inggris karena bahasa Inggris yang Anda pelajari sudah tepat sasaran.

2. Perkaya Kosakata Bahasa Inggris Dengan Cara Memikirkan Hal Yang Anda Sukai

Anda bisa memperkaya perbendaharaan kosakata Anda dengan cara memikirkan sesuatu yang Anda sukai. Misal, Anda sedang mempelajai tentang descriptive text, coba Anda pikirkan satu idola Anda untuk dideskripsikan, sehingga kegiatan tersebut bisa jauh lebih menyenangkan.

3. Membuat Jurnal atau Tulisan Dalam Bahasa Inggris

Biasakan untuk menulis minimal satu paragraph setiap hari tentang hal apa pun yang Anda pikirkan atau yang Anda sukai. Anda dapat menuliskan pengalaman Anda, hal yang Anda sukai, berita yang Anda senangi, atau gagasan atau ide-ide yang ada di pikiran Anda. Dengan menulis Anda akan terbiasa untuk mengekspresikan pikiran Anda dalam bahasa Inggris. Dengan menulis Anda juga akan terbiasa dan lebih mudah mengingat kosakata serta pengejaannya.

4. Menonton dan Membaca Berita Bahasa Inggris

Jika Anda memiliki hobi menonton berita. Mulai sekarang mulailah berpindah menonton dan membaca berita berbahasa Inggris. Cara ini akan membantu Anda menambah perbendaharaan kosakata Anda. Apabila ketika Anda menonton menemukan beberapa kata yang tidak Anda pahami, maka catatlah dan coba cari makna kata tersebut. Cara lainnya, Anda bisa mencoba mengartikan kata tersebut dengan cara menyesuaikan dengan konteks kalimat yang diucapkan serta ekspresi wajah si pemain.

6. Membaca Buku Berbahasa Inggris

Jika Anda senang membaca, cobalah untuk membaca buku bahasa Inggris. Mulailah dengan membaca buku yang Anda senangi. Jika Anda senang membaca novel, Anda bisa membaca novel berbahasa Inggris. Jika Anda senang membaca berita, Anda bisa mencari berita online berbahasa Inggris. Pilih topic yang ringan serta bahasa yang sederhana sehingga Anda lebih mudah memahaminya. Jangan lupa  untuk membuat list kata-kata yang sulit Anda pahami. Cara lainnya Anda bisa menggunakan cara yang sama seperti halnya Anda ketika menonton berita, Anda bisa menebak makna kata tersebut berdasarkan konteks kalimatnya.

7. Membaca Dengan Keras

Membaca keras dapat membantu Anda melafalkan huruf dan kata dengan baik. Anda bisa meminta orang lain untuk mengoreksi bacaan Anda. Mintalah saran dari orang tersebut agar bacaan Anda lebih baik.

8. Gunakan Kamus Yang Tepat

Ada kalanya Anda menemui kosakata yang sulit Anda pahami. Meskipun Anda suda mencoba dengan cara menyesuaikannya dengan konteks kalimat dan mencoba menebaknya, namun Anda masih belum bisa menemukan maknanya. Cara terakhir Anda harus mencarinya dalam kamus.

9. Jangan Berhenti Di Satu Kosa Kata

Ketika Anda menumukan kosakata baru, jangan berhenti disitu saja. Carilah sinonim (persamaan kata) dan antonim (lawan kat) dari kata tersebut, sehingga perbendaharaan kosakata Anda semakin kaya.

10. Lakukan Percakapan Dengan Native Speaker

Jika memungkinkan Anda bisa melatih kemampuan bahasa Inggris Anda dengan cara berbicara dengan penutur asli. Dengan begitu, Anda akan bisa merasakan vibe-nya berbicara langsung dengan penutur asli, mengenal accent serta infleksi bahasa Inggris mereka.

11. Jadikan Kesalahan Sebagai Pembelajaran

Setiap mempelajari sesuatu yang baru, Anda pasti akan mengalami kesalahan. Itu bukan masalah besar, wajar jika Anda melakukan kesalahan. Yang paling penting adalah jadikan kesalahan tersebut sebagai pengalaman dan menjadi pembelajaran untuk Anda. Mintalah orang lain untuk mengoreksi bahasa Inggris Anda, hal itu justru akan membantu Anda memperbaiki bahasa Inggris Anda.

12. Mendengarkan Berita Bahasa Inggris

Jika Anda memiliki hobi mendengarkan berita, mari ubah berita-berita di ponsel Anda dengan berita-berita bahasa Inggris. Mendengarkan berita tak hanya mengasyikkan, mendengarkan berita juga akan membantu Anda menambah kosakata serta membantu Anda melafalkannya. Namun, jika Anda ingin mempelajari struktur bahasa Inggris dengan benar, tidak dianjurkan belajar dengan mendengarkan berita. Hal ini dikarenakan terkadang di dalam sebuah berita ada beberapa grammatical error, dan itu tidak masalah. Karena itu ditujukan untuk keestetikan berita.

13. Jangan Menerjemahkan Semua Kata

Biasakan jangan mentranslate semua kata sekaligus, terjemahkan kata satu per satu. Jika Anda menerjemahkan semua kata sekaligus, hal itu tidak akan membantu Anda menambah kosakata baru.

Alasannya adalah jika Anda benar-benar menerjemahkan setiap kata dari sebuah kalimat, mungkin akan terdengar mengerikan bagi penutur asli. Itu berlaku untuk setiap bahasa. Terjemahan kata demi kata umumnya tidak memperhitungkan hal-hal seperti idiom, tambahan, dan perubahan preposisi, dan akibatnya hampir selalu jelas ketika siswa menerjemahkan setiap kata.

Di sisi lain, jika Anda membaca teks bahasa Inggris dan mencoba menerjemahkannya ke bahasa asli Anda, itu mungkin tidak seburuk itu. Mungkin akan membuang-buang waktu Anda dan sedikit membingungkan Anda, tetapi setidaknya itu tidak akan membingungkan orang yang Anda ajak bicara.

14. Konsisten dan Terhitung

Ini lebih merupakan tips penetapan tujuan, tidak seperti tips pembelajaran bahasa Inggris. Faktanya adalah, Anda lebih cenderung berhasil dengan tujuan dan menyelesaikannya jika Anda melakukannya secara konsisten dan jika Anda memiliki beberapa bentuk pertanggungjawaban.

Coba perhatikan, jika Anda hanya dapat mendedikasikan 15 menit sehari untuk belajar bahasa Inggris  tetapi Anda melakukannya 15 menit setiap hari  Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang lebih baik daripada jika Anda mencoba belajar selama 3 jam dalam satu sesi dalam satu hari. Atau bagaimana dengan rencana belajar bahasa Inggris dalam 35 menit sehari?

Pada saat yang sama, jika Anda memiliki mitra belajar seperti teman sekelas atau anggota keluarga yang tahu apa yang Anda lakukan, mereka akan dapat membantu mendorong Anda dan memotivasi Anda untuk terus belajar dan tetap berpegang pada rencana Anda.

15. Biasakan Diri Anda Dikelilingi Dengan Bahasa Inggris

Pastikan Anda selalu berlatih setiap hari. Tidak ada sesuatu yang instan. Practice makes perfect. itu tadi beberapa tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Semoga membantu dan selamat belajar!

16. Gunakan Aplikasi ThunderTeacher Untuk Latihan Berkomunikasi Langsung Dengan Guru

Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Inggris saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi ThunderTeacher karena Anda bisa belajar bahasa Inggris dan bahasa Asing lainnya (Arab, Korea, Jepang, Jerman, dan Mandarin) dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah lagi.

Thunder Teacher adalah sebuah Platform belajar Bahasa Asing secara Online menggunakan Smartphone dengan fitur VideoCall yang kami ciptakan Anda dapat langsung belajar dengan Guru privat favorit Anda. Jadi Anda akan punya teman berkomunikasi, membaca, menulis, dan mendengarkan langsung dengan Guru privat favorit Anda. Hanya dengan Rp. 30.000,00 saja Anda sudah bisa belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya.

Keuntungan belajar Bahasa Inggris Online di ThunderTeacher yaitu;

  • ► Belajar langsung dengan Guru privat
  • ► Bisa latihan berkomunikasi langsung dengan Guru privat
  • ► Hemat biaya transportasi
  • ► Tidak perlu keluar rumah
  • ► Tidak perlu bermacet-macetan
  • ► Tidak perlu biaya sewa Gedung atau tempat belajar
  • ► Waktu menjadi lebih efektif sehingga waktu Anda bersama keluarga lebih banyak
  • ► Biaya menjadi lebih efisien
Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
Thunder Teacher Team
2020-07-02 12:07:51