7 CARA BELAJAR BAHASA JEPANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT TANPA PERLU KE JEPANG
Lambang Bendera Negara Jepang www.wikipedia.org

7 CARA BELAJAR BAHASA JEPANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT TANPA PERLU KE JEPANG

Di zaman yang sudah serba canggih ini, jangan hanya mengandalkan bahasa Indonesia saja untuk berkomunikasi dengan orang lain. Anda juga perlu mempelajari bahasa asing, utamanya bahasa Jepang. Bahasa internasional dibutuhkan dalam berbagai kondisi. Misalnya, saat harus meeting dengan klien, presentasi, bahkan interview kerja.

 

Sebenarnya, belajar bahasa Jepang tidak sesulit yang Anda kira. Dengan menerapkan 8 tips belajar bahasa Jepang dengan mudah dan cepat ini, Anda bisa semakin meningkatkan kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu gugup apalagi takut ketika harus berbicara bahasa Jepang dengan orang lain.

 

Cara belajar Bahasa Jepang dengan 7 langkah utama yang mudah dan cepat, yaitu:

  1. Menghafalkan Kosa-Kata Baru Setiap Hari
  2. Belajar Membuat Kalimat Sendiri
  3. Latihan Membaca dengan Benar
  4. Belajar Membaca dan Menulis
  5. Rajin-Rajin Berbicara Dengan Orang Jepang dan Bertanya
  6. Terus Belajar dan Latihan
  7. Gunakan Aplikasi ThunderTeacher Untuk Latihan Berkomunikasi

 

Yuk langsung saja simak penjelasan 7 cara belajar Bahasa Jepang berikut ini

 

  1. Menghafalkan Kosa-Kata Baru Setiap Hari

Sebelum belajar membuat kalimat dalam Bahasa Jepang, menurut saya akan lebih mudah kalau kamu mencoba untuk menghafalkan banyak kata kata dalam Bahasa Jepang terlebih dahulu. Cara paling dasar untuk menghafalnya adalah mencari kata kata itu dari buku belajar Bahasa Jepang, tapi ada juga cara yang lebih mudah dan seru, yaitu menghafalkan kata-kata yang banyak kita dengar dari berita-berita.

 

Untuk pemula, mungkin akan lebih mudah buat kamu  dari percakapan sehari-hari, karena mereka memiliki banyak tulisan dengan mudah menemukan apa yang mereka sebut itu tanpa mencari bagaimana tulisannya di Google.

 

Tapi setelah kamu bisa sedikit sedikit, akan lebih baik buat kamu mengambil banyak kata-kata dari . berita-berita biasanya memiliki tema tersendiri, tapi kita bisa melihat kejadian yang sering terjadi di kehidupan sehari hari. Misalnya dalam adegan membeli sebuah makanan, naik taksi, mengobrol dengan teman, dan hal-hal yang biasa kita lakukan sehari hari juga. Dari situ, kita bisa mengambil kata kata yang banyak digunakan sehari-hari.

 

Tahap ini juga harus terus dilakukan bahkan setelah kamu sudah jago berbahasa Jepang. Kalau kamu belajar Bahasa Jepang tanpa pernah tinggal di Jepang, akan sulit untuk kamu bisa terus tahu tentang perkembangan cara bicara mereka kalau kamu tidak rajin  .

Jadi mulai sekarang, coba untuk lebih mendengarkan apa yang mereka ucapkan saat pembacaan berita, bukan hanya membaca subtitle yang sudah disediakan.

 

  1. Belajar Membuat Kalimat Sendiri

Mungkin dari semua tahap yang ada, ini adalah tahap yang paling sulit yang harus kamu lalui. Bahasa Jepang hanya akan terasa sangat sulit di awal. Setelah semua kesulitan itu dilewati, yang lainnya akan menjadi jauh lebih mudah.

 

Bahasa Jepang memiliki struktur kalimat yang sangat sangat berbeda dengan bahasa Indonesia, maupun bahasa Jepang. Bahkan dalam Bahasa Jepang, kita harus bisa belajar membedakan mana yang kata sifat, mana yang kata kerja, dan mana yang kata benda. Karena mereka memiliki berbagai macam partikel yang berbeda dan akan membuat kita harus menggunakan berbagai macam tata bahasa yang berbeda pula.

 

Bahasa Jepang juga memiliki sangat banyak tata bahasa. Karena banyak sekali kata kata yang dalam bahasa Indonesia atau Jepang hanya masuk ke bagian kosakata, tapi dalam Bahasa Jepang, kosakata itu terbentuk seperti sebuah tata bahasa.

 

  1. Latihan Membaca dengan Benar

Mungkin saat kita belajar pertama kali, cara bicara kita dan menyebutkan huruf huruf Bahasa Jepang hanya berdasarkan dengan apa yang tertulis di website tempat kita belajar. Tapi sebenarnya, sembari melancarkan kemampuan membaca kamu dengan cara mendengar dan membaca berita, kamu bisa juga membuat cara baca kamu terdengar seperti orang Jepang asli loh!

 

Caranya mudah, sebelum kamu membaca berita yang tertulis keras keras, coba untuk mengulang beberapa bagian dari berita yang kamu gunakan sampai kamu bisa mendengar dengan baik bagaimana cara si penyanyi itu menyebutkan berita yang tertulis. Jadi setelah itu, kamu bisa menirukan cara baca itu.

 

Dengan melakukan itu terus menerus, lama kelamaan kamu pasti akan hafal dengan cara baca huruf huruf Jepang dengan baik dan benar!

 

Cara kedua adalah, mengikuti cara bicara orang-orang. Saat kamu mendengarkan berita, cobalah untuk mem-pause beberapa bagian yang kamu kira bisa kamu ikuti, dan ikuti cara bicara mereka. Bukan hanya cara mereka menyebutkan kata kata itu, tapi juga nada bicara mereka. Dengan begitu, kamu akan bisa terdengar seperti orang Jepang.

 

  1. Belajar Membaca dan Menulis

Selanjutnya kita harus belajar menulis dan membaca dulu. Caranya gampang banget, kita tinggal cari di Google cara membaca huruf Jepang.

Saran saya, tulislah semua huruf huruf itu dengan gaya kamu sendiri di sebuah kertas, lalu cobalah untuk menulis nama nama orang yang kamu kenal. Kalau dulu, saya menulis semua nama teman teman sekelas saya semasa SMA. Dan kalau masih merasa belum hafal, coba terus tahap itu sampai sudah bisa menulis tanpa mencontek list huruf yang kamu tulis di awal!

 

Setelah lancar menulis, cobalah untuk melancarkan cara baca kamu. Cara paling mudah untuk melancarkan kemampuan membaca kamu adalah dengan membaca berita Jepang. Tahap ini harus kamu lakukan berkali kali sampai kamu bisa benar benar membaca berita itu dengan baik, dan bisa juga kamu mengganti ke berita yang lain saat berita pertama sudah berhasil kamu baca dengan lancar.

 

  1. Rajin-Rajin Berbicara Dengan Orang Asing dan Bertanya

Ajak keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa pun untuk berbicara bahasa Jepang di keseharian. Ini merupakan salah satu tips belajar bahasa Jepang dengan mudah dan cepat. Ingat, practice makes perfect. Dengan terus-menerus berlatih, Anda akan terbiasa untuk mengoptimalkan bahasa ini. Tidak hanya menonjolkan aspek speaking, tapi juga listening.

 

Di sisi lain, Anda juga bisa mencoba untuk chatting dengan menggunakan bahasa Jepang. Anda bisa memulai percakapan, lalu berdiskusilah tentang hal-hal yang disukai agar obrolan bisa lebih mengalir. Atau, posting foto di media sosial dengan caption-nya dalam bahasa Jepang juga bisa sangat membantu!

 

Saat belajar berbahasa Jepang, cobalah cari seseorang yang bisa menjawab pertanyaan pertanyaan kamu. Misalnya teman yang sudah belajar Bahasa Jepang lebih dulu daripada kamu, atau orang Jepang yang memang kamu kenal.

 

Di tahap inilah saya merasa bahwa akan lebih baik jika kita memiliki guru yang bisa mengajarkan kita. Setelah belajar membuat kalimat yang baik dan benar, cobalah untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang dengan orang orang yang bisa berbahasa Jepang. Semakin banyak kamu berkomunikasi dengan Bahasa Jepang, akan semakin jago juga kemampuan kamu dalam bicara Bahasa Jepang!

 

  1. Terus Belajar dan Latihan

Tidak ada akhir saat kamu mempelajari sebuah bahasa. Seperti saya yang masih banyak sekali hal yang saya tidak tahu. Karena memang bahasa memiliki sangat banyak warna dan jenis.

 

Jadi, walaupun kamu sudah merasa sangat bisa berbahasa Jepang, cobalah untuk terus belajar. Dengan cara seperti tetap menggunakan subtitle saat   Jepang supaya kamu bisa terus mendapatkan kosakata baru yang belum pernah kamu dengar, atau dengan cara mencoba menerjemahkan berita-berita tentang Jepang favorit kamu!

 

  1. Gunakan Aplikasi ThunderTeacher Untuk Latihan Berkomunikasi

Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Jepang saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi ThunderTeacher karena Anda bisa belajar bahasa Jepang dan bahasa Asing lainnya (Korea, Arab, Inggris, dan Jepang) dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah lagi.

 

Thunder Teacher adalah sebuah Platform belajar Bahasa Asing secara Online menggunakan Smartphone dengan fitur VideoCall yang kami ciptakan Anda dapat langsung belajar dengan Guru privat favorit Anda. Jadi Anda akan punya teman berkomunikasi, membaca, menulis, dan mendengarkan langsung dengan Guru privat favorit Anda. Hanya dengan Rp. 30.000,00 saja Anda sudah bisa belajar Bahasa Jepang dan Bahasa Asing lainnya.

 

Keuntungan belajar Bahasa Jepang Online di ThunderTeacher yaitu;

  • Belajar langsung dengan Guru privat
  • Bisa latihan berkomunikasi langsung dengan Guru privat
  • Hemat biaya transportasi
  • Tidak perlu keluar rumah
  • Tidak perlu bermacet-macetan
  • Tidak perlu biaya sewa Gedung atau tempat belajar
  • Waktu menjadi lebih efektif sehingga waktu Anda bersama keluarga lebih banyak
  • Biaya menjadi lebih efisien

 

Ayo jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
Thunder Teacher Team
2020-09-28 16:24:51