JANGAN BELAJAR BAHASA JERMAN SEBELUM BACA INI
Russian dictionary from 1931, showing the German alphabet www.wikipedia.org

JANGAN BELAJAR BAHASA JERMAN SEBELUM BACA INI

Jika Anda memiliki cita-cita untuk menempuh pendidikan di Jerman, tentu saja Anda harus menguasai bahasa Jerman. Memang tidak bisa jika menguasai bahasa Inggris saja? Bahasa Inggris kan bahasa Internasional jadi pasti bisa dong jika ingin belajar di Jerman tapi modalnya bahasa Inggris aja? Ya, memang bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, namun di Jerman bahasa Inggris tidak banyak digunakan. Hanya para turis atau pelancong yang sekedar berlibur saja yang menggunakan bahasa Inggris. Namun, jika Anda berniat untuk melanjutkan pendidikan dan tinggal cukup lama Anda harus menguasai bahasa Jerman karena bahasa yang digunakan ketika proses belajar mengajar mayoritas menggunakan bahasa Jerman.

Apakah Anda mengalami kesulitan mempelajari bahasa ini? Ya, bahasa Jerman memang tergolong bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari. Tapi tenang, ini dia beberapa tips mudah belajar bahasa Jerman:

1. Kenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Penting untuk Anda mengenal diri sendiri sebelum mempelajari atau memutuskan sesuatu. Kenali diri Anda, temukan minat Anda. Jika ingin mempelajari sesuatu kuatkan niat Anda. Seperti apa Anda biasanya belajar. Apakah Anda orang dengan tipe yang lebih nyaman belajar sendiri atau justru Anda tipe orang yang membutuhkan orang lain yang dapat membimbing Anda untuk belajar? Jika Anda tipe orang yang senang belajar sendiri, Anda bisa belajar otodidak dengan cara menonton video tutorial di YouTube, atau dengan menonton film berbahasa Jerman atau membaca berbagai macam buku.

Namun, jika Anda orang yang membutuhkan orang lain untuk belajar, Anda bisa mengikuti berbagai kursus bahasa Jerman. Disitu Anda bisa belajar dengan tutor-tutor terpecaya, selain itu Anda juga akan memiliki lawan bicara sehingga belajar yang Anda lakukan lebih aktif.

2. Luangkan Waktu dan Tenaga

Mempelajari sesuatu yang baru itu selalu membutuhkan tenaga lebih. Anda harus menyiapkan diri Anda untuk membaca buku, menonton video, atau mengikuti kursus. Tak hanya tenaga, Anda juga perlu menyiapkan waktu khusus untuk belajar. Jika Anda memilih belajar secara mandiri, Anda harus memiliki komitmen dan target. Bila perlu Anda harus membuat list target per harinya hal apa yang harus Anda kuasai. Anda harus melakukannya dengan sungguh-sungguh tidak boleh setengah-setengah.

3. Ingin Tahu dan Terus Perbaiki

Mempelajari bahasa Jerman bukanlah sesuatu yang mudah namun tidak juga sulit, itu semua tergantung usaha Anda masing-masing. Ketika Anda mempelajari sesuatu, Anda harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga Anda akan terus mempelajari sesuatu yang baru. Jika Anda melakukan kesalahan, tak masalah. Tak ada sesuatu yang instan. Jadi tak perlu malu jika Anda melakukan kesalahan.

4. Pelajari Kata Benda Serta Gender Dalam Bahasa Jerman

Bahasa Jerman mengenal istilah gender untuk setiap kata benda. Jadi setiap kata benda memiliki gender (kelamin). Dalam bahasa Jerman ada 3 gender yaitu feminine, maskulin, dan netral. Anda tidak bisa hanya mempelajari kata bendanya saja . Anda harus mempelajari kata benda beserta dengan artikel gendernya. Jika Anda hanya menghafalkan kata bendanya saja, Anda akan mengulang kembali untuk mempelajari artikelnya dan jelas itu akan menghabiskan waktu. DER DIE DAS – 3 kata itu merupakan artikel yang harus Anda pahami beserta pasangannya.

Sebagai contoh, contoh sedang mencari bahasa Jerman dari “cangkir”, bahasa Jerman “cangkir” yaitu tasse. Namun, Anda tidak cukup menghafalkan kata tasse saja, Anda harus tahu pasangan tasse yaitu DIE, jadi yang harus Anda hafalkan yaitu DIE Tasse. Contohnya lainnya “mobil” yaitu auto, yang harus Anda hafalkan bukan hanya “auto” saja tapi das Auto, dan masih banyak contoh lainnya. Dengan begitu Anda terbiasa dengan kata benda lainnya.

5. Menggunakan language hacks Untuk Menghafal

Anda bisa menggunakan language hack agar Anda lebih mudah mengingat kosakata dalam bahasa Jerman. Anda bisa menggunakan metode Spaced Repetition Systems (SRS). Metode ini merupakan salah satu metode yang cocok digunakan untuk menghafalkan kosakata baru. Anda juga bisa menggunakan teknik Mnemonic. Metode ini berfungsi untuk mengingat kosakata sulit dalam bahasa Jerman.

6. Bahasa Jerman Tak Sesulit Yang Anda Pikirkan

Mungkin Anda takut untuk memulai mempelajari bahasa Jerman, hal ini dikarenakan banyak orang yang menakutimu dan mengatakan bahwa bahasa Jerman itu sulit. Padahal bahasa Jerman tak sesulit yang Anda pikirkan. Bahasa Jerman tidak memiliki nada seperti bahasa Mandarin. Jika di bahasa Mandarin nada sangat mempengaruhi makna, bahkan nada dapat mengubah makna, namun dalam bahasa Jerman tidak ada.

Bahasa Jerman juga memiliki kosakata yang mirip dengan bahasa Inggris bahkan ada banyak kata dalam bahasa Jerman memiliki pelafalan yang sama persis dengan bahasa Inggris. Namun perbedaannya, jika dalam bahasa Inggris ada kata yang penulisan dan pelafalannya berbeda, lain halnya dengan bahasa Jerman. Dalam bahasa Jerman tulisan dan pelafalannya sama persis. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah mempelajari bahasa ini.

7. Menciptakan Jerman Mini Di Sekitarmu

Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Jerman hanya untuk belajar bahasa Jerman. Anda bisa menciptakan jerman versi Anda sendiri. Anda bisa mengatur ponsel, laptop, atau computer Anda menjadi multi bahasa. Ubah aturan bahasa di ponsel Anda menjadi bahasa Jerman, dengan begitu Anda akan terbiasa dengan bahsa tersebut.

Anda juga bisa membuat list film atau acara TV yang berbahasa Jerman. Dengan menonton acara TV, Anda akan menemukan kosakata yang sering digunakan dalam konteks sehari-hari. Namun, biasanya bahasa yang digunakan dalam acara TV cenderung bahasa semi formal. Jika Anda ingin mempelajari bahasa yang lebih formal Anda bisa membaca berita lokal berbahasa Jerman yang bisa Anda akses melalui internet.

8. Menemukan Cara Yang Menyenangkan

Anda tentu saja membutuhkan suasana yang menyenangkan untuk belajar. Anda tidak mungkin bisa belajar di suasana yang ribut dan tidak kondusif. Jika Anda senang menulis buku diary, ini bisa menjadi cara yang bisa Anda lakukan untuk belajar bahasa Jerman. Anda bisa menulis diary menggunakan bahasa Jerman. Jika Anda senang menulis tak hanya diary, mungkin Anda memiliki hobi menulis puisi atau artikel. Cobalah Anda menulisnya dalam bahasa Jerman. Lalu mintalah teman atau orang lain yang sudah mahir bahasa Jerman untuk mengoreksi tulisanmu. Hal ini terbilang efektif, dengan meminta orang lain mengoreksi tulisanmu, Anda akan mendapatkan feedback dari mereka.

9. Konsisten

Tidak ada sesuatu yang instan, begitu pula mempelajari bahasa. Anda harus konsisten dan pantang menyerah. Anda harus terus berlatih. Jika Anda belajar hanya sesekali atau jarang-jarang maka apa yang Anda pelajari akan mudah menguap dan hilang.

10. Fokus Pada Tujuan Mempelajari Bahasa Jerman

Jika Anda memiliki alasan kuat mengapa Anda harus mempelajari bahasa Jerman maka jadikan itu sebagai motivasi. Terus fokus pada tujuan awal dan terus berlatih.

Itu dia beberapa tips mempelajari bahasa Jerman dengan mudah. Tidak ada sesuatu yang instan jadi teruslah berlatih.

11. Gunakan Aplikasi ThunderTeacher Untuk Latihan Berkomunikasi Langsung Dengan Guru

Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Jerman saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi ThunderTeacher karena Anda bisa belajar bahasa Inggris dan bahasa Asing lainnya (Arab, Inggris, Korea, Jepang, dan Mandarin) dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah lagi.

Thunder Teacher adalah sebuah Platform belajar Bahasa Asing secara Online menggunakan Smartphone dengan fitur VideoCall yang kami ciptakan Anda dapat langsung belajar dengan Guru privat favorit Anda. Jadi Anda akan punya teman berkomunikasi, membaca, menulis, dan mendengarkan langsung dengan Guru privat favorit Anda. Hanya dengan Rp. 30.000,00 saja Anda sudah bisa belajar Bahasa Jerman dan Bahasa Asing lainnya.

Keuntungan belajar Bahasa Jerman Online di ThunderTeacher yaitu;

  • ► Belajar langsung dengan Guru privat
  • ► Bisa latihan berkomunikasi langsung dengan Guru privat
  • ► Hemat biaya transportasi
  • ► Tidak perlu keluar rumah
  • ► Tidak perlu bermacet-macetan
  • ► Tidak perlu biaya sewa Gedung atau tempat belajar
  • ► Waktu menjadi lebih efektif sehingga waktu Anda bersama keluarga lebih banyak
  • ► Biaya menjadi lebih efisien
Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
Thunder Teacher Team
2020-07-02 12:11:20