TANPA PERLU PERGI KE KOREA SUDAH BISA BELAJAR BAHASA KOREA
Korean writing systems www.wikipedia.org

TANPA PERLU PERGI KE KOREA SUDAH BISA BELAJAR BAHASA KOREA

Bahasa Korea sedang digemari oleh banyak orang di Indonesia terutama kalangan remaja. Selama ini kalian ketika menonton berita apa masih menggunakan subtitle atau jangan-jangan kalian sudah mahir berbahasa Korea? Wah jika sudah bisa berarti tidak perlu lagi ya repot-repot mencari subtitle berita ketika ingin menonton atau membaca berita Korea. yuk kita beralih sebentar ya ke bahasa Koreanya. Kalian tau tidak? Bahasa korea ternyata menempati urutan ke 21 dengan penutur bahasa terbanyak. Ada sekitar 77 juta jiwa yang mahir berbahasa Korea. Wow banyak sekali ya! Apakah kalian salah satunya? Ehmm jika bukan, kalian bisa lho menjadi bagian dari 77 juta orang tersebut. Caranya gimana? Ya dengan belajar bahasa Korea tentunya. Tapi kan susah. Tidak susah, yuk sini kita kasih tau tipsnya supaya kalian bisa belajar bahasa Korea dengan cepat dan mudah.

Berikut tips untuk belajar bahasa Korea dengan cepat dan mudah:

1. Pelajari Aksara Korea

Aksara Korea atau alfabet Korea disebut dengan Hangul. Kalian tau tidak ternyat aksara Korea ini menjadi aksara yang termudah untuk dipelajari karena bentuk aksaranya dibuat sesuai bentuk mulut ketika mengucapkan huruf tersebut. Meskipun penampakan awalnya terlihat rumit padahal sebenarnya tidak serumit bentuknya, kok.

Oke, kita kasih tau dulu nih ya mengenai sejarah huruf Hangul ini. Sebenarnya dulu orang Korea sempat menggunakan alfabet Cina, namun ternyata dirasa alfabet Cina itu terlalu rumit. Maka oleh salah satu raja yang bertahta pada saat itu yaitu Raja Sejong di tahun 1443 disederhanakanlah alfabet tersebut sehingga rakyat dapat mudah memahaminya. Ada 24 huruf Hangul yang terdiri dari 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Kenapa huruf Korea ini menjadi huruf yang paling mudah untuk dipelajari? Karena huruf konsonan pada huruf Hangul  dibuat dari bentuk mulut pada saat mengucapkan huruf tersebut. Sedangakan untuk huruf vokal hanya terdiri dari dua jenis garis yaitu horizontal dan vertikal. Bahkan beberapa orang hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 2 jam saja untuk mempelajari huruf Hangul ini. Kelebihan lain dari bahasa Korea ini, semua huruf di dalam sebuah kata itu menjadi huruf fonetis, semuanya dibaca. Lain halnya dengan bahasa Inggris atau bahasa lainnya, ada beberapa huruf yang hilang dan tidak dibaca meskipun keberadaannya dapat dilihat.  Bagaimana? Lebih mudah bukan? Ya Hangul memang cenderung lebuh sederhana dan mudah untuk dipahami.

2. Perkaya Kosakata

Jika kalian sudah menguasai Hangul, kalian akan lebih mudah mempelajari kosakata karena kalian sudah bisa membaca kosakata tersebut. Jika kalian belum ada bekal kosakata sama sekali, sebaiknya kalian coba mulai pelajari dari hal dasar terlebih dahulu seperti angka, nama-nama hari, serta ungkapan sederhana lainnya. Pelajari juga idiom atau ungkapan sehari-hari yang paling sering digunakan. Jika kalian bepergian kesana untuk bekerja maka pelajari kata-kata formal yang sesuai dengan bidang pekerjaan kalian.

Buatlah list kosakata ke dalam sebuah note kecil yang mudah untuk dibawa kemana, sehingga kalian bisa membukanya dimana saja. Kalian juga harus menggunakan kosakata tersebut ke dalam sebuah konteks kalimat untuk lebih paham cara penggunaan kata tersebut.

3. Pelajari Kata Serapan dan KONGLISH

Kata pinjaman atau yang lebih dikenal dengan kata serapan dapat kalian jumpai dalam bahasa Korea. Bahasa Korea memiliki banyak kata serapan yang diambil dari kata bahasa Inggris atau yang biasa disebut dengan KONGLISH (Korean + English). Kata-kata tersebut memiliki cara pengucapan yang hampir sama serta arti kata yang sama. Jika kalian sudah memahami beberapa kata bahasa Inggris, ini akan lebih memudahkan kalian untuk mempelajarinya karena mereka tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanyalah aksen pengucapannya saja. Kumpulkan kosakata yang termasuk ke dalam Konglish, dan dapat dipastikan kalian akan terkejut dengan banyak kosakata yang ada. Tentu saja ini akan jauh lebih mudah untuk kalian.

4. Kelilingi Diri Kalian Dengan Bahasa Korea

Berlatih dan membiasakan diri dengan bahasa Korea akan lebih memudahkan kalian untuk mengingat segala informasi tentang bahasa Korea di kepala kalian. Biasakan membaca atau mendengar sesuatu yang berbahasa Korea. Hal kecil yang bisa kalian lakukan adalah mulai dengan benda-benda yang paling sering kalian bawa, yaitu ponsel. Kalian bisa mengubah bahasa di pengaturan ponsel kalian ke dalam bahasa Korea. Tulis catatan, alarm atau jadwal harian menggunakan bahasa Korea. Jika kalian senang mendengarkan berita atau podcast, maka dengarkanlah berita dan podcast yang menggunakan bahasa Korea.

5. Temukan Metode Belajar Yang Tepat

Untuk mempelajari sesuatu yang baru kalian harus memahami metode yang cucuk untuk kalian terlebih dahulu. Setiap orang memiliki metode dan cara yang berbeda untuk belajar. Ada tiga jenis tipe orang ketika belajar. Ada orang yang lebih mudah mempelajari sesuatu dengan cara melihat, ini mengartikan bahwa ingatan atau memori visual mereka yang bagus. Kedua, ada orang yang lebih mudah belajar ketika mereka mendengarkan, mereka senang dengan metode ceramah. Yang terakhir, orang yang lebih mudah belajar dengan menggunakan gerakan. Ada orang yang ketiganya berfungsi semua, ada juga yang tidak. Jadi kalian harus tahu bagaimana metode belajar yang tepat untuk kalian.

6. Gabung Dengan Sebuah Komunitas

Ketika kalian mempelajari sebuah bahasa, kalian pasti akan menemukan sesuatu yang menarik, lucu, dan seru. Namun seiring berjalannya waktu motivasi belajar kalian akan menurun karena bosan dengan cara belajar yang gitu-gitu aja. Lalu bagaimana cara mengatasi kebosanan tersebut? Caranya temukan sebuah komunitas atau sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin menguasa bahasa Korea. Di dalam komunitas tersebut kalian bisa diskusi dan bertukar pikiran mengenai cara belajar mereka yang siapa tahu bisa kalian coba dan terapkan. Selain itu, jika kalian mengalami kesulitan, kalian bisa menanyakannya kepada mereka dan saling bertukar pikiran. Kalian juga bisa berlatih berbicara bahasa Korea secara bersama-sama, sehingga kalian akan lebih aktif dalam pengucapan bahasa Korea.

7. Menonton dan Mendengarkan Sesuatu Yang Berbau Korea

Jika kalian gemar menonton, kalian bisa nih nonton berita korea yang menggunakan bahasa Korea. Dengan begitu kalian bisa menambah kosakata bahasa Korea kalian. Kalian bisa menggunakan subtitle, bila dimungkinkan catat kosakata yang tidak kamu ketahui. Selain mencatat kosakatanya kalian juga bisa coba menebak kata tersebut dengan melihat ekspresi pemain ketika mengucapkan kata tersebut.

Dan untuk kalian yang senang mendengarkan berita, coba juga dengarkan berita Korea supaya bahasa Koreamu lebih ciamik! Masukkan berita-berita Korea ke dalam playlist sertakan lirik beritanya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelafalan kalian agar lebih bagus.

8. Kenali Budaya dan Kehidupan Sosial Korea

Mempelajari bahasa tentu saja kalian harus mempelajari budaya yang terdapat di dalam bahasa tersebut. Cari referensi mengenai budaya Korea serta kehidupan social disana sehingga kalian bisa lebih mendalami bahasa tersebut. Bila perlu kalian bisa melakukan wisata agar bisa lebih mengenal budaya Korea, serta kalian bisa berkomunikasi secara langsung dengan penutur asli Korea.

Itu dia 8 tips mempelajari bahasa Korea secara cepat dan mudah. Perbanyak berlatih dan terus perkaya kosakata bahas Korea-mu ya. Selamat belajar!

9. Gunakan Aplikasi ThunderTeacher Untuk Latihan Berkomunikasi Langsung Dengan Guru

Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Korea saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi ThunderTeacher karena Anda bisa belajar bahasa Korea dan bahasa Asing lainnya (Arab, Inggris, Jepang, Jerman, dan Mandarin) dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah lagi.

Thunder Teacher adalah sebuah Platform belajar Bahasa Asing secara Online menggunakan Smartphone dengan fitur VideoCall yang kami ciptakan Anda dapat langsung belajar dengan Guru privat favorit Anda. Jadi Anda akan punya teman berkomunikasi, membaca, menulis, dan mendengarkan langsung dengan Guru privat favorit Anda. Hanya dengan Rp. 30.000,00 saja Anda sudah bisa belajar Bahasa Korea dan Bahasa Asing lainnya.

Keuntungan belajar Bahasa Korea Online di ThunderTeacher yaitu;

  • ► Belajar langsung dengan Guru privat
  • ► Bisa latihan berkomunikasi langsung dengan Guru privat
  • ► Hemat biaya transportasi
  • ► Tidak perlu keluar rumah
  • ► Tidak perlu bermacet-macetan
  • ► Tidak perlu biaya sewa Gedung atau tempat belajar
  • ► Waktu menjadi lebih efektif sehingga waktu Anda bersama keluarga lebih banyak
  • ► Biaya menjadi lebih efisien
Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
Thunder Teacher Team
2020-07-02 11:52:48