CARA CEPAT BELAJAR BAHASA MANDARIN TANPA HARUS PERGI KE TIONGKOK
Hànyǔ (Chinese) written in traditional (top), simplified (middle) characters and alternative name www.wikipedia.org

CARA CEPAT BELAJAR BAHASA MANDARIN TANPA HARUS PERGI KE TIONGKOK

Tahukah Anda bahasa apa yang memiliki jumlah penutur terbanyak di dunia? Bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia adalah bahasa Cina atau lebih dikenal dengan bahasa Mandarin. Bahkan jumlah penutur bahasa Inggris kalah saing dengan penutur bahasa Mandarin. Berdasarkan data di tahun 2010, terdapat 960 juta orang yang menjadi penutur aktif bahasa Mandarin. Banyaknya penutur bahasa Mandarin membuat bahasa ini naik pamor.

Lalu apakah Anda tertarik untuk mempelajari bahasa ini? Bahasa yang konon digadang-gadang akan menjadi bahasa Internasional. Disini kita akan kasih beberapa tipsnya untuk Anda

1. Tentukan Target Anda

Jika Anda baru memulai mempelajari bahasa ini, maka tentukan target belajar Abda. Misal, Anda memiliki target menguasai 500 kata dalam sebulan. Dengan membuat target akan menjadikan Anda lebih bersemangat mempelajarinya sehingga bisa mencapai target. Tentukan juga target untuk jangka panjangnya.

2. Pahami Cara Pengucapan Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin adalah bahasa yang memiliki banyak pengucapan untuk setiap katanya, sebab itu lah bahasa ini disebut bahasa tonal. Jika Anda salah mengucapkan kata atau frasa maka maknanya akan berubah secara keseluruhan.  Bahasa Mandarin memiliki 4 tone atau 4 nada.

  1. Tone Petama

Tone pertama ini merupakan nada tinggi dan datar. Menghasilkan suara yang tidak naik dan tidak turun, dan datar dari awal hingga akhir. Biasanya kata yang diberi tanda strip di atasnya diucapkan dengan cara datar.

  1. Tone Kedua

Tone kedua ini merupakan nada tinggi juga. Suara yang dihasilkan nada naik, dari suara bawah menuju tengah hingga tinggi. Tone kedua ini mirip dengan nada yang diucapkan ketika bertanya. Sebagai tanda, huruf akan diberikan simbol strip naik.

  1. Tone Ketiga

Tone ketiga ini merupakan nada melengkung, nada yang turun lalu naik ke atas.

  1. Tone Keempat

Tone terakhir ini merupakan nada turun. Kata atau frase diucapkan dari nada tinggi ke nada rendah. Pengucapannya hampir sama seperti kita mengucapkan kata “Tidak!”

 

3. Pahami Pinyin dalam Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memiliki kata dalam bentuk hanzi. Hanzi ini sangat rumit untuk dipelajari, apalagi untuk pemula. Tak hanya pemula, bahkan penutur aslinya pun kadang mengalami kesulitan untuk mempelajarinya. Untuk mengatasa masalah ini, maka diciptakanlah pinyin. Apa itu pinyin? Pinyin merupakan romanisasi hanzi sehingga alfabetnya lenih mudah untuk diketahui dan dipahami oleh banyak orang.

Pinyin sangat berguna bagi orang yang ingin mempelajari bahasa Mandarin pertama kali. Dengan itu mereka akanlebih mudah untuk membaca, mengucapkan serta memahami kata0kata dalam bahasa Mandarin. Dengan pinyin juga, mereka akan lebih mudah mempelajari 4 nada pada bahasa Mandarin seperti yang telah dijelaskan di atas.

4. Pelajari Kata Dasar dan Percakapan Sehari-Hari

Pelajari sesuatu dari hal yang dasar dan mudah tentu saja. Bahasa Mandarin memiliki kata dasar yang tidak terlalu sulit untuk dipahami dan dilafalkan. Pelajari kata-kata yang sederhana terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mempelajari bahasa Mandarin tanpa mengalami kebingungan.

Agar lebih mudah, sebaiknya Anda mempelajari kata-kata dasar tersebut sesuai tema. Kelompokkan kata-kata ke dalam sebuah kategori, missal tentang makanan, minuman, hewan, angka, dan lain-lain. Mempelajari berbagai kata dengan cara pengelompokkan akan jauh lebih mudah untuk Anda mengingat dan menghafal setiap kata secara bertahap. Sehingga lamapkelamaan kosakata Anda akan semakin meningkat.

5. Membaca, Menulis, Serta Berbicara Dengan Bahasa Mandarin

Membaca tentu akan membuat wawasan Anda lebih luas. Anda juga diharuskan sering membaca romanisasi pinyin, agar Anda mengetahu bagaimana cara pelafalannya. Dengan membaca Anda akan tahu bagaimana cara penulisan bahasa Mandarin. Setelah keduanya Anda kuasai maka akan lebih mudah untuk Anda berbicara menggunakan bahasa Inggris. Karena tiga kemampuan tersebut yaitu membaca, menulis, dan berbicara tidak dapat terpisah dan saling sambung sinambung.

6. Temukan Metode Belajar Yang Tepat Untuk Anda

Sebenarnya Anda bisa belajar bahasa dimana saja, namun jika Anda telah menemukan metode belajar yang tepat itu justru akan lebih baik untuk Anda, sehingga Anda akan lebih mudah mempelejari bahasa tersebut. Perhatikan diri Anda, tipe seperti apa diri Anda, dan gaya belajar seperti apa yang Anda sukai.

Apakah Anda tipikal orang yang senang belajar sendiri dan otodidak? Jika iya, tak masalah Anda belajar sendiri. Anda bisa belajar secara otodidak melalui buku, website dan sumber lainnya. Sekarang banyak sekali website yang menyediakan materi tentang bahasa Mandarin, gratis pula.  Namun kekurangannya jika Anda memilih belajar sendiri secara otodidak, Anda tidak tahu benar apakah itu benar atau salah. Jika untuk mempelajari tulisan mungkin cara ini akan menjadi mudah, tapi jika untuk mempelajari cara pengucapannya, cara ini tidak efektif.

Jika Anda orang yang kekinian, yang tidak bisa lepas dari ponsel dan internet, atau teknologi lainnya. Anda memanfaatkan hal ini untuk belajar bahasa Mandarin. Mulailah dengan mengubah bahasa di ponsel Anda ke dalam bahasa Mandarin. Dengan begitu, kalian akan terbiasa dengan huruf-huruf Mandarin. Anda juga bisa memnafaatkan ponsel ataupun tablet, laptop atau komputer Anda untuk mengunduh aplikasi yang akan membantumu belajar bahasa Mandarin. Hal ini bisa menjadi lebih menyenangkan. Anda cukup menyisihkan sedikit waktu sekitar 15 menit per hari untuk membuka aplikasi tersebut. Pilihlah aplikasi yang bisa mengintegrasikan berbagai keterampilan seperti, mendengar, menulis, membaca, dan berbicara. Namun kelemahan dari metode ini adalah kosakata yang dijumpai hanya itu-itu saja dan hanya berlaku dalam waktu jangka pendek. Jadi Anda harus mencari alternatif lain untuk jangka panjang Anda.

7. Menonton Berita dan Mendengarkan Berita

Menonton berita dan mendengarkan berita memang kegiatan yang sangat mengasyikkan. Menonton berita dan mendengarkan berita juga bisa menjadi cara yang efektif untuk belajar bahasa Mandarin. Anda bisa menggunakan subtitle bahasa Mandarin, atau bernyanyi bahasa Mandarin sembari melihat liriknya. Dengan begini kemampuan bahasa Mandarin Anda akan terus meningkat. Anda bisa sekali mendayung, dua pulau tiga terlampau. Tidak hanya happy karena menonton berita dan mendengarkan berita, tapi Anda mendapat bonus berupa bisa bahasa Mandarin. Dengan menonton berita dan mendengarkan berita, Anda dapat mempelajari budaya, aksen, serta bahas gaul atau slang dalam bahasa Mandarin.

8. Mengikuti Kursus Bahasa Mandarin

Jika Anda tipe orang yang tidak bisa belajar sendiri, namun Anda membutuhkan teman untuk mempelajari sesuatu. Maka Anda bisa mengikuti kursus bahasa Mandarin, dimana disana Anda bisa belajar dan berinteraksi dengan tutor atau teman lainnya. Sehingga Anda bisa lebih tearah dalam belajar. Tak hanya itu, Anda akan mendapatkan lawan berbicara serta bertukar pikiran jika Anda menemukan kesulitan ketika mempelajari bahasa Mandarin.

Itu dia beberapa tips untuk belajar bahasa Mandarin agar lebih cepat dan mudah.

9. Gunakan Aplikasi ThunderTeacher Untuk Latihan Berkomunikasi Langsung Dengan Guru

Salah satu cara terbaik untuk belajar bahasa Mandarin saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi ThunderTeacher karena Anda bisa belajar bahasa Mandarin dan bahasa Asing lainnya (Arab, Inggris, Korea, Jerman, dan Jepang,) dengan sangat mudah dan cepat tanpa harus keluar rumah lagi.

Thunder Teacher adalah sebuah Platform belajar Bahasa Asing secara Online menggunakan Smartphone dengan fitur VideoCall yang kami ciptakan Anda dapat langsung belajar dengan Guru privat favorit Anda. Jadi Anda akan punya teman berkomunikasi, membaca, menulis, dan mendengarkan langsung dengan Guru privat favorit Anda. Hanya dengan Rp. 30.000,00 saja Anda sudah bisa belajar Bahasa Mandarin dan Bahasa Asing lainnya.

Keuntungan belajar Bahasa Mandarin Online di ThunderTeacher yaitu;

  • ► Belajar langsung dengan Guru privat
  • ► Bisa latihan berkomunikasi langsung dengan Guru privat
  • ► Hemat biaya transportasi
  • ► Tidak perlu keluar rumah
  • ► Tidak perlu bermacet-macetan
  • ► Tidak perlu biaya sewa Gedung atau tempat belajar
  • ► Waktu menjadi lebih efektif sehingga waktu Anda bersama keluarga lebih banyak
  • ► Biaya menjadi lebih efisien
Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
Thunder Teacher Team
2020-07-02 12:17:20