10 TIPS LANCAR BERBICARA BAHASA KOREA

10 TIPS LANCAR BERBICARA BAHASA KOREA

 

Berbicara bahasa Korea dengan lancar adalah tujuan akhir dari hampir setiap pelajar bahasa Korea. Itu juga merupakan salah satu hal tersulit bagi kebanyakan pelajar. Meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Korea Anda sangat menantang saat Anda tidak tinggal di Korea. Dalam artikel ini saya mencantumkan 10 tip untuk membantu Anda meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Korea.

line.today.me

line.today.me

1. Dapatkan beberapa Teman Asli Korea

Memiliki beberapa mitra bahasa yang dapat berkomunikasi dengan Anda dalam bahasa Korea sangatlah penting. Tinggal di Korea selama beberapa bulan atau tahun adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Korea tetapi tidak semua orang dapat melakukannya. Namun di era internet ini, tidak terlalu sulit untuk menemukan beberapa teman online Korea yang ingin membantu Anda dengan bahasa Korea Anda. Anda dapat menemukan mitra pertukaran bahasa di grup Facebook, situs seperti Italki, atau aplikasi seperti Hellochat. Jika Anda tidak dapat menemukan teman asli Korea, orang berbahasa Korea dari negara mana pun harus melakukannya juga.

Mungkin, melakukan percakapan telepon yang panjang dalam bahasa Korea setiap hari tidak memungkinkan, tetapi bahkan obrolan acak 5 menit melalui Kakao atau Facebook Messenger akan membantu Anda meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Korea Anda.

Bahasa obrolan atau pesan instan sangat mirip dengan bahasa lisan. Jadi itu sangat dekat dengan percakapan verbal.

2. Bergabunglah dengan Komunitas Pembelajar Bahasa Korea

Ada banyak sekali komunitas pelajar bahasa Korea di Facebook, Reddit, dan tempat lainnya. Bergabunglah dengan beberapa dari mereka, bagikan pengetahuan Anda, tanyakan berbagai hal dan bantu pelajar lain. Sekali lagi, berkomunikasi dalam obrolan forum atau utas posting Facebook sangat mirip dengan percakapan lisan dan ini akan membantu Anda menyusun kalimat yang lebih baik dan merespons dengan cara yang efektif. Anda juga dapat menemukan mitra bahasa di komunitas ini dan berlatih berbicara bahasa Korea dengan mereka.

3. Baca dengan Keras

Baca setidaknya 10-20 kalimat Korea setiap hari. Mereka bisa dari buku teks Anda, surat kabar online, blog atau buku komik atau apa pun. Selalu baca dengan lantang dan coba fokus pada pengucapan dan intonasi Anda. Membaca bahasa Korea dengan lantang tidak hanya membuat pita suara Anda menyesuaikan dengan suara Korea, tetapi juga membuat Anda nyaman mengucapkan kata dan kalimat Korea. Anda mendapatkan lebih banyak sinkronisasi dengan suara Korea.

4. Rekam Dirimu dan Dengarkan

Pilih topik acak dan coba bicarakan selama 2-3 menit. Rekam diri Anda dan dengarkan rekamannya. Perhatikan di mana pengucapan Anda salah atau di mana Anda kekurangan kata-kata yang tepat atau tata bahasa mana yang sulit digunakan. Ini akan membantu Anda memahami titik lemah Anda dengan lebih baik dan juga memberi Anda kepercayaan diri bahwa Anda dapat berbicara. Anda juga dapat merekam diri sendiri saat membaca sesuatu dalam bahasa Korea.

5. Mulailah Menulis dalam Bahasa Korea Setiap Hari

Sebagian besar dari kita menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram setiap hari. Cobalah untuk menulis sesuatu dalam bahasa Korea di platform ini setiap hari. Anda juga dapat membuat blog (menggunakan platform gratis seperti Blogger dan WordPress) dan menulis pemikiran Anda atau berbagi pengetahuan Anda tentang Korea dalam bahasa Korea. Pada awalnya, Anda akan merasa terlalu minder saat menampilkan tulisan Korea Anda ke publik, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan mulai merasa percaya diri.

Menulis dan Berbicara melibatkan produksi bahasa atau mengekspresikan diri Anda menggunakan keterampilan bahasa Anda. Jika kemampuan menulis Korea Anda meningkat, kemungkinan besar kemampuan berbicara Anda juga akan meningkat.

6. Lakukan Permainan Peran Virtual

Bermain peran adalah salah satu kegiatan berbicara yang paling umum digunakan di ruang kelas bahasa Korea. Masalahnya adalah Anda membutuhkan mitra bahasa untuk melakukan permainan peran. Tapi ada jalan keluarnya. Jika kita sudah siap memainkan peran kedua karakter tersebut dalam percakapan, kita bisa melakukan role play sendirian.

Katakanlah jika ada permainan peran dari berbelanja di pasar Korea dan ada dua orang yang terlibat dalam percakapan - seorang penjaga toko dan seorang pelanggan. Anda dapat mengucapkan dialog dari kedua karakter satu per satu. Itu cara yang sangat bagus untuk berlatih berbicara.

Ambil satu situasi bermain peran secara acak setiap hari, buat percakapan (Anda dapat menulisnya sebelumnya atau melakukannya secara spontan) dan melakukan permainan peran.

7. Dengarkan Radio Korea

Mendengarkan merupakan bagian integral dari keterampilan komunikasi lisan. Jika Anda tidak dapat memahami bahasa Korea lisan dengan baik, Anda tidak akan dapat melakukan percakapan yang berhasil, tidak peduli seberapa baik Anda berbicara. Mendengarkan saluran radio Korea adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan serta berbicara bahasa Korea Anda. Anda bisa memasang aplikasi radio Korea di smartphone Anda atau menggunakan situs web seperti Tunein untuk mendengarkan saluran radio Korea favorit Anda.

Mendengarkan radio bisa lebih efektif daripada menonton media visual seperti film atau drama karena di radio Anda hanya fokus pada suara. Tidak ada gangguan visual dan sebagian besar penyiar radio berbicara dengan sangat jelas dan menenangkan. Anda dapat dengan jelas mendengar setiap infleksi dalam suara mereka, bagian mana dari kalimat yang mereka tekankan, nada suara mereka, bagaimana cara menyampaikan emosi yang berbeda, dan sebagainya. Cobalah untuk menemukan beberapa program radio di mana mereka berbicara tentang kehidupan umum, masyarakat Korea, budaya dll karena pembicaraan ini akan lebih mudah dipahami daripada pembicaraan berita, politik atau ekonomi.

8. Tonton Acara TV Korea

Film dan drama Korea pasti sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Korea Anda, tetapi di sini saya ingin merekomendasikan acara TV Korea secara khusus. Acara TV memiliki semacam spontanitas dan keaslian yang kebanyakan tidak dimiliki oleh film dan drama. Ada banyak acara TV Korea yang melibatkan aktor cilik atau orang asing. Tingkat kesulitan bahasa dari pertunjukan ini umumnya tidak terlalu sulit dan juga sangat menarik. Anda juga bisa mencoba menonton beberapa acara komedi populer. Acara komedi ini terkadang juga melibatkan komentar tentang masalah sosial dan politik terkini yang juga akan membantu Anda memahami Korea dengan lebih baik.

9. Jangan Takut Membuat Kesalahan

Salah satu hambatan terbesar dalam berbicara bahasa Korea adalah rasa takut membuat kesalahan dan ditertawakan. Anda harus menyingkirkan ketakutan ini. Tidak ada pelajar bahasa yang tidak membuat kesalahan. Faktanya, pembelajar bahasa yang berhasil membuat banyak kesalahan. Inilah cara mereka bereksperimen dengan bahasa dan mempelajari hal-hal baru. Jika Anda membuat kesalahan dan orang-orang tertawa, ikut tertawa bersama mereka. Belajar bahasa baru seperti menjadi anak kecil lagi. Nikmati fase ini.

10. Jangan Menunda-nunda - Mulailah Berbicara Bahasa Korea mulai Hari Ini

Banyak pelajar berpikir mereka akan mulai berbicara setelah mereka belajar dan berlatih lebih banyak. Mungkin mulai minggu depan atau bulan depan. Masalahnya adalah Anda tidak akan pernah merasa cukup percaya diri. Kuncinya adalah mulai berbicara hari ini, sebenarnya sekarang.

Saya telah belajar bahasa Korea selama 10 tahun; saat ini sedang menulis tesis PhD dalam bahasa Korea; dan saya masih merasa bahasa Korea saya tidak cukup baik. Kadang-kadang saya masih melakukan kesalahan konyol dan teman-teman Korea saya tertawa. Itu sebenarnya adalah momen terbaik dalam perjalanan belajar bahasa.

Jangan berpikir, Anda akan merasa percaya diri setelah menghafal 1000 kata lagi atau mempelajari 20 pola tata bahasa lainnya. Anda tidak akan. Bahasa Korea Anda cukup baik untuk mulai berbicara sekarang. Orang-orang berbicara dengan Anda untuk berkomunikasi, untuk berbagi pikiran dan perasaan, bukan untuk menilai tata bahasa atau kosa kata Anda. Jadi berhentilah mengkhawatirkannya. Jangan menunda-nunda. Mulailah berbicara bahasa Korea mulai hari ini.

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
18 Sep 2020