15 Tips Mengajar Bahasa Arab Untuk Anak-Anak

15 TIPS MENGAJAR BAHASA ARAB UNTUK ANAK-ANAK

 

Hal ini mendorong kita untuk memperhatikan mendaftarkan anak-anak kita di sekolah negeri yang dapat memberdayakan mereka dengan bahasa asing yang seolah-olah itu bahasa ibu mereka, dan kita lupa akan pentingnya mengajar bahasa Arab kepada anak-anak sejak usia dini, dan ini adalah kesalahan besar, karena itu pada awalnya bahasa ibu mereka, dan karena belajar di usia muda lebih mudah dan bahasanya tertancap di memori, serta minat Mengajar bahasa Arab untuk anak-anak Anda sangat penting, jika Anda tinggal di negara asing yang tidak bisa berbahasa Arab, jadi ikuti langkah-langkah berikut bersama kami, untuk membantu Anda mengajari mereka bahasa tersebut.

Rumaysho.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rumaysho.com

 

1. Berbicara bahasa Arab di rumah

Jika Anda ahli dalam bahasa Arab, alangkah baiknya jika Anda menggunakan beberapa kata formal dalam pidato Anda di rumah, dan jika Anda tidak seperti itu, maka pelajari beberapa di antaranya untuk digunakan selama percakapan Anda dengan anak-anak Anda, dan jangan lupa bahwa kalimat Anda diungkapkan dengan benar, jadi jangan naikkan posisi Atau aturlah yang dibesarkan, dan dalam semua kasus, berbicara bahasa Arab meskipun itu sehari-hari, jadi jangan keluarkan perintah pendidikan Anda dalam bahasa Inggris seperti kebanyakan keluarga muda sekarang. Sebaiknya hindari berbicara dalam bahasa apa pun selain bahasa Arab di rumah.

2. Belikan mereka cerita pendek dan novel

Tertarik untuk membeli buku dan cerita yang sesuai dengan usia anak Anda dalam bahasa Arab, agar ia terbiasa membaca huruf Arab dan menontonnya secara berkala, serta berbagi cerita dan bacaan sebelum tidur agar ia dapat membacanya sendiri.

3. Dorong anak Anda untuk menulis dalam bahasa Arab

Hadiahkan anak Anda dengan membeli buku harian kecil, dan minta mereka untuk menulis dalam bahasa Arab agar mereka terbiasa mengekspresikan pemikiran mereka di dalamnya.

4. Mainkan beberapa permainan bahasa dengan mereka

Permainan bahasa membantu mengembangkan keterampilan mental dan verbal anak Anda. Misalnya, minta anak Anda menyebutkan sepuluh hal kepada Anda yang dimulai dengan huruf "S", atau belilah permainan "Scrabble" dalam bahasa Arab untuk membantunya mengeja kata.

5. Menonton film kartun Arab bersama mereka

Dorong anak Anda untuk menonton film kartun yang di-dubbing dengan bahasa Arab Standar, ini akan membantu mereka mendengarkan suara bahasa Arab, dan melafalkannya dengan benar, dan kemudian mendiskusikan film tersebut dengan mereka setelah itu, sehingga menjadi santapan secara linguistik dan edukatif bagi mereka. Tentu saja, berhati-hatilah dalam memilih kualitas yang sesuai dengan usia anak-anak Anda, dan untuk tradisi masyarakat kita, sehingga film tersebut tidak mengandung adegan yang tidak pantas.

6. Membaca buku-buku lama dan mendengarkan nasyid dan lagu anak-anak dalam bahasa Arab

Ajari mereka membaca Al-Qur'an, karena itu adalah asal-usul bahasa Arab, atau membaca buku-buku pusaka kuno seperti cerita Kalila dan Dimna dan lain-lain jika sesuai dengan usia mereka. Baca dan jelaskan jika mereka masih muda. Di sisi lain, dengarkan mereka lagu, puisi, dan lagu anak-anak dalam bahasa Arab, karena pembacaan tonal memfasilitasi penghafalan dan pengucapan untuk anak-anak Anda.

7. Banyak berbicara dengan mereka dalam bahasa Arab

Apakah itu klasik atau sehari-hari, menetapkan aturan ketat untuk tidak hanya berbicara dalam bahasa Arab di rumah, dan melakukan percakapan terbuka dengan mereka yang membutuhkan jawaban lebih dari ya atau tidak, misalnya bertanya tentang hal terbaik yang mereka sukai selama hari sekolah atau apa yang mereka pelajari di sekolah Saat ini, untuk anak-anak kecil yang belum mulai berbicara, penting bagi mereka untuk mendengarkan Anda berbicara dengan mereka dalam bahasa Arab, agar kumpulan kata Arab mereka bertambah setiap hari.

8. Bacakan buku dalam bahasa Arab bersama mereka setiap hari

Langkah ini sangat penting untuk meningkatkan keterampilan bahasa mereka, dan membantu mereka mempelajari kata-kata baru yang mungkin tidak mereka dengar dalam percakapan sehari-hari, dan diskusi yang mereka adakan dengan Anda tentang buku tersebut untuk membantu mereka memahaminya, membuat mereka belajar dan menggunakan lebih banyak sinonim, jadi sisihkan waktu setengah jam untuk membaca Setiap hari sebelum tidur.

9. Bernyanyi bersama mereka setiap hari

Dalam perjalanan ke sekolah, pelatihan, atau pasar, mainkan lagu untuk anak-anak dalam bahasa Arab Bernyanyi membantu anak-anak Anda mempelajari bunyi dan kata-kata serta meningkatkan daya ingat mereka.

10. Tetapkan waktu tetap bagi mereka untuk menonton film dan program dalam bahasa Arab

Jika Anda tidak keberatan menonton TV, lebih baik selalu berada di stasiun berbahasa Arab, sehingga mereka menonton serial kartun yang berguna dalam bahasa Arab dan terbiasa mendengarkan bahasanya.

11. Berkomunikasi dengan orang lain yang berbicara bahasa Arab

Interaksi manusia dengan keluarga Arab atau keluarga yang berbicara bahasa Arab di negara tempat Anda tinggal meningkatkan bahasa anak-anak Anda dengan bertukar percakapan dengan orang lain. Penting juga bagi Anda untuk mengunjungi negara asal Anda, kapan pun ada kesempatan, untuk meningkatkan pergaulan anak-anak Anda dengan bahasa Arab dan keluarga, serta menciptakan kebutuhan mereka untuk berbicara bahasa Arab untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka, dan komunikasi melalui aplikasi seluler juga merupakan pilihan yang baik untuk percakapan sehari-hari dengan anggota keluarga.

12. Belilah boneka yang mengekspresikan budaya Arab.

Beri tahu anak-anak Anda bahwa boneka itu hanya berbicara bahasa Arab, dan gunakan boneka itu untuk bermain dengan mereka serta buat percakapan yang berbeda dalam bahasa Arab.

13. Pekerjakan seorang guru untuk mengajari mereka bahasa Arab

Jika Anda menemukannya di negara tempat Anda tinggal, atau jika ada sekolah di dekat Anda untuk mengajar bahasa Arab, langkah ini akan membantu Anda mengajari anak-anak Anda huruf, tulisan, dan tata bahasa, dan dalam kasus sekolah, anak Anda akan memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan anak-anak lain yang sedang belajar. Bahasa seperti mereka, yang akan mengembangkan bahasa mereka lebih cepat.

14. Ajak anak Anda dalam tur pendidikan

Misalnya, ke kebun binatang, jelaskan kepada mereka nama-nama hewan ini dalam bahasa Arab dan ejaannya, dan pilih tempat yang berbeda untuk tur tersebut guna meningkatkan kosa kata mereka.

15. Jangan mengolok-olok cara anak Anda mengucapkan kata-kata

Tetapi ulangi kata-kata tersebut dengan cara yang benar di depan mereka, dan pujilah upaya mereka dalam mempelajari bahasa Arab, dan jangan pernah menghukum mereka untuk itu sehingga mereka tidak membencinya dan menolak untuk mengucapkannya.

Mengajar bahasa Arab kepada anak-anak membutuhkan kesabaran dan keteguhan dari Anda, dan membutuhkan upaya yang besar dari anak-anak Anda untuk mempelajari bahasa tersebut, jadi motivasi mereka sebanyak mungkin dan tawarkan mereka hadiah dan penghargaan untuk mencintai mereka dalam bahasa Arab. Selamat mencoba tips-tips diatas.

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
23 Sep 2020