Belajar Bahasa Arab

BELAJAR BAHASA ARAB

 

Bendera Arab Saudi via www.wikipedia.org



Berikutnya mari renungi firman Allah ta'ala di bawah ini bersama saya!
 

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

 

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (al-Qur’an) dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

Lihatlah bahasa Alquran yang setiap hari anda baca dalam shalat anda!

Berbahasa Arab bukan?

Maka, sebagai seorang muslim atau muslimah yang paling penting buat anda dari itu semua adalah dengan menguasai bahasa Arab anda akan terbantu memahami isi Kitab Suci anda dan perkataan Nabi Muhammad, Nabi anda.

Namun masalah dimana?

Saya tahu bahwa setiap kali anda belajar bahasa Arab anda selalu belajar dengan cara yang salah.
 

Ibarat anda membuat kue, salah urutan memasukkan tepung, telur, mentega dan bahan lainnya berakibat fatal, yaitu gagalnya adonan kue anda dan berakhir dengan gagal total.

Begitupun ketika anda belajar bahasa Arab, hal yang sama juga berlaku.

Survey menunjukkan bahwa, kegagalan seseorang menguasai bahasa Arab terbanyak disebabkan karena salah sistematika dan langkah belajarnya.

Sayangnya, di setiap kursus bahasa Arab (apalagi di sekolah-sekolah), baik di kursus online maupun tatap muka, anda akan menjumpai hal yang sama.

Cara belajar bahasa Arab yang kaku, membosankan dan skill anda tidak akan pernah berkembang.

Tapi bila anda menghadapi masalah di atas, ada kabar baik untuk anda.

Saya akan memberikan langkah rahasia agar anda bisa belajar bahasa Arab dengan cepat dan membuahkan hasil yang nyata hanya dalam waktu 1 bulan.

Saya tidak akan membuang waktu anda dengan memberikan langkah-langkah kuno yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Ini adalah hasil dari riset saya selama 6 tahun lebih mengajar bahasa Arab dan konsultasi dengan pakar pembelajaran bahasa Arab dari Arabic For All yang 20 tahun lebih mengajar guru-guru bahasa Arab di lebih dari 55 negara di dunia.
 

 

LANGKAH I: LATIHLAH BUNYI HURUF-HURUF ARAB !

Iya, hal pertama yang wajib anda lakukan sekarang juga adalah berlatih mengucapkan bunyi huruf-huruf dalam bahasa Arab.

Terlebih khusus 10 huruf berikut ini:
 

  1. Tsa' (Tsa - Tsi - Tsu)
  2. Ha' (Ha' - Hi' - Hu')
  3. Kho (Kha - Khi - Khu)
  4. Dzal (Dza - Dzi - Dzu)
  5. Syin (Sya - Syi - Syu)
  6. Shod (Sha - Shi - Shu)
  7. Dhood (Dha - Dhi - Dhu)
  8. 'Ain ('A - 'I - 'U)
  9. Ghain (Gha - Ghi - Ghu)
  10. Qoof (Qa - Qi - Qu)

Karena ke-sepuluh huruf di atas tidak terdapat bunyinya dalam bunyi alphabet bahasa Indonesia.

 

Lalu bagaimana saya belajarnya? (Anda bertanya)

 

Tidak ada yang sulit di zaman ini (insha Allah), Atau anda bisa melihat video-video tutorial belajar mengucapkan bunyi bahasa Arab lainya di YouTube.


Ingat, jangan hanya belajar teori saja!

Intisari dari langkah I ini adalah latihan dan langsung praktek.

Apabila anda ingin belajar langsung dengan seorang guru, maka itu lebih baik. Kuncinya, jangan menunda, semakin anda menunda maka semakin jauh anda dari impian bisa menguasi bahasa Arab dalam waktu yang relatif singkat.

 

 

LANGKAH II: GUNAKAN KOSAKATA BAHASA ARAB DARI YANG PALING SERING ANDA JUMPAI!


Selesai dari langkah I, anda sekarang sudah lancar mengucapkan bunyi huruf dalam bahasa Arab.Tidak masalah anda belajar seperti anak-anak, yang penting adalah hasil yang anda dapatkan berefek dan memuaskan.Ada trik yang mudah dan menyenangkan untuk langkah II ini, berlatihlah menghafal dan menggunakan kosakata yang paling sering anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari dengan cara berikut ini:

Mudah bukan?

Mengasyikkan bukan?

Sulit lupanya bukan?

Lakukan langkah II ini secara berkala dan tambahkan stok kosa kata baru bahasa arab anda dengan menggunakan buku saku berjudul Kamus Arab Indonesia Sehari-hari.

Anda bisa mendapatkannya di toko buku terdekat hanya dengan harga Rp. 18.000.
Murah harganya, mahal manfaatnya untuk pemula seperti anda yang ingin cepat menguasai kosa kata yang paling sering anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Atau hafalkan kata kata berikut karena anda pasti sering menjumpai kata kata jni. Apabila anda sudah mampu menggunakan seluruh (atau mayoritas) kosa kata di buku saku di atas, maka tidak ada salahnya anda untuk mulai mencoba membuka kamus yang lebih lengkap, seperti kamus  Al-Munawwir.

Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini. Kamus Al-Munawwir Sekarang Anda akan terkejut begitu mendapatkan diri anda sangat mudah mengutarakan sesuatu dengan Kosa Kata Bahasa Arab.

 

 

LANGKAH III : PELAJARI KAIDAH BAHASA ARAB SEPERLUNYA !


Coba tebak, apa yang anda bayangkan ketika pertama kali berhadapan dengan guru bahasa Arab di kelas? Benar. Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf! Kedua ilmu tersebut sebenarnya hanyalah 2 cabang dari sekian banyak cabang ilmu bahasa Arab yang memuat kaidah-kaidah (grammar) dalam bahasa Arab.

Pertama Ilmu Nahwu, bertugas menjelaskan kepada anda posisi sebuah kata dalam kalimat.
Mirip dengan Contoh dalam Bahasa Indonesia:Saya makan nasi di restoran minang tadi pagi
Berikut perjelasan posisi kata-kata yang membentuk kalimat di atas:
 

  • Saya : Subjek
  • Makan : Prediket
  • Nasi : Objek
  • di Restoran Minang : Keterangan Tempat
  • Tadi Pagi : Keterangan Waktu

Berikut contoh dalam bahasa Arabnya:
Ana Aakulu Al-Aruzza Fi Math'am Minang Hadzas Shobaah
 

  • Ana : Saya - Subjek dalam bahasa arab disebut Fa'il
  • Aakulu : Makan - Prediket dalam bahasa arab disebut Fi'il
  • Al-Aruzza : Nasi - Objek dalam bahasa arab disebut Maf'ul
  • Fi Math'am Minang : Di restoran minang - Keterangan Tempat dalam bahasa arab disebut Zharaf Makan
  • Hadzas Shobah : Tadi pagi - Keterangan Waktu dalam bahasa arab disebut Zharaf Zaman

Anda bingung? Saya tahu kenapa, karena stok kosa kata bahasa arab anda masih sangat terbatas. Ingat! langkah III ini anda lakukan setelah atau bersamaan dengan langkah II yang sudah saya jelaskan di atas. Tapi...Anda wajib tahu bahwa kata dalam bahasa Arab itu sangat unik, tidak bakalan ada di bahasa manapun.

Ini pula yang menjadi hikmah mengapa Al-Quran yang anda baca setiap hari Allah turunkan dengan bahasa Arab. Apa itu? Setiap baris akhir dari sebuah kata dalam bahasa Arab tergantung posisinya dalam kalimat. Saya berencana membahasanya dalam tutorial tersendiri nantinya. Tunggu saya menerbitkannya insya Allah di website arabicquantum.com ini.

Kedua Ilmu Sharaf, bertugas menjelaskan kepada anda tata cara perubahan bentuk kata dalam bahasa arab. Contoh:
Rumah dalam bahasa Arab : Baitun (satu rumah), Baitaani (dua rumah), Buyuutun (tiga rumah atau lebih)
Perubahan bentuk kata seperti itu dipelajari dalam ilmu sharaf. Coba periksa di buku saku Kamus Arab Indonesia Sehari-hari di atas, apakah memuat perubahan bentuk kata seperti di atas atau tidak, kalau tidak silakan tinggalkan komentar di kolom komentar. Bilapun anda masih merasa bingung dengan langkah III ini, saya akan memberikan tips yang sangat mudah yang tidak akan anda dapatkan di blog atau website lain.
 

 

Langkah IV: Gunakan Aplikasi Thunder Teacher

 

Salah satu cara terbaik untuk Belajar Bahasa Arab adalah menggunakan peralatan yang sudah ada yang sehari-harinya sudah Anda gunakan. Lewat smartphone, Anda juga bisa Belajar Bahasa Arab dan Bahasa Asing lainnya seperti Inggris, Jepang, Korea, dan Mandarin secara Online.

Dengan fitur VideoCall Anda bisa LANGSUNG praktek BICARA PRIVATE dengan Guru  lohhh.

Dengan belajar secara online, Anda otomatis gak perlu berpanas-panasan dan gak perlu bermacet-macetan lagi lohh. Otomatis WAKTU Anda bersama keluarga lebih banyak dan UANG Anda juga bisa lebih hemat.

Ayo jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

Download link nya agar bisa langsung belajar bahasa jepang private video call dengan gurumu & praktek ngomong langsung hanya Rp.30.000/30 menit

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.thunderteacher.mobile&hl=in

Gunakan saja berbagai Aplikasi belajar Bahasa Arab yang ada di toko aplikasi di smartphone Anda yang berbayar ya supaya kita dapat peran dalam mensejahterakan para Guru. Dengan begitu, Anda bisa belajar bahasa Inggris otodidak dengan lebih mudah dan cepat.

 

 

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
17 Jan 2020