Kalimat Passive Participle (As An Adjective) Follows Noun

Kalimat Passive Participle (As An Adjective) Follows Noun

 

 

Post authorBy Hadiyani Afinah

Untuk membuat kalimat dalam bahasa Ingrris yang baik dan benar, kita harus paham dengan struktur kalimat. Salah satu unsur yang harus ada dalam sebuah kalimat adalah verb.

 

Sebagai kata yang menerangkan tindakan dari subjectverb dapat pula berfungsi sebagai adjective (kata sifat). Agar verb dapat berfungsi sebagai adjectiveverb harus dalam bentuk verb-ing atau verb 3. Verb yang berbentuk verb-ing atau verb 3 ini berfungsi sebagai adjective ini disebut sebagai participle.

Participle yang berbentuk verb-ing disebut sebagai active participle sedangkan yang berbentuk verb 3 disebut sebagai passive participle. Pada artikel ini, kita akan membahas secara khusus mengenai passive participle. Seperti apakah passive participle itu? Mari kita lihat berikut ini.

disebut sebagai passive participle. Pada artikel ini, kita akan membahas secara khusus mengenai passive participle. Seperti apakah passive participle itu? Mari kita lihat berikut ini.

 

The language which is spoken by the guest is Spanish. (Bahasa yang diucapkan oleh tamu itu adalah bahasa Spanyol.)

Bandingkan kalimat di atas dengan kalimat berikut.

The language spoken by the guest is Spanish. (Bahasa yang diucapkan oleh tamu itu adalah bahasa Spanyol.)

 

Apakah kedua kalimat tersebut bermakna sama? Ya.

Lalu apa yang membedakan kedua kalimat tersebut?

Pada kalimat pertama, subject the language diikuti oleh frasa passive yaitu is spoken by the guest untuk menerangkan bahwa bahasa tersebut diucapkan oleh tamu.

 

Sedangkan pada kalimat kedua subject the language diikuti oleh participle yang berbentuk verb 3, yaitu spoken by the guest, dan bertindak sebagai adjective. Oleh karena bentuk participle tersebut pasif dan dapat diekspresikan dalam bentuk frasa pasif seperti pada contoh pertama, participle ini kita sebut passive participle.

Lalu, bagaimana contoh kalimat passive participle (as an adjective) follows noun? Mari kita lihat beberapa contohnya berikut ini.

 

Contoh Kalimat Passive Participle (As An Adjective) Follows Noun

Berikut adalah beberapa contoh kalimat passive participle (as an adjective) follows noun yang dapat membantu kalian memahami tentang bagaimana menggunakan passive participle dalam sebuah kalimat.

1.) The book written by my English teacher has become the best-seller.

Buku yang ditulis oleh guru bahasa Inggris saya telah menjadi best-seller.

Subject dalam kalimat ini adalah the book dan passive participle-nya adalah written by my English teacher. Written bukanlah verb dalam kalimat ini karena verb-nya adalah has becomeWritten by my English teacher adalah participle yang berfungsi sebagai adjective yang menerangkan tentang keadaan subject, yaitu buku. Dengan adanya participle, buku diterangkan lebih jelas sebagai buku yang ditulis oleh guru bahasa Inggris saya.

2.) The song played on the radio is my favorite.

Lagu yang diputar di radio adalah lagu favorit saya.

Dengan song sebagai subjectplayed adalah passive participle pada kalimat ini. Played tidak bertindak sebagai verb melainkan participle yang menerangkan tentang subject lagu.

3.) A cake made with cheese cream is very expensive.

Kue yang dibuat dengan krim keju harganya sangat mahal.

Passive participle made menerangkan bahwa kue yang dimaksud adalah kue yang dibuat dengan krim keju.

Setelah mellihat beberapa contoh kalimat passive participle di atas, dapat kita simpulkan sebuah rumus sederhana yang memudahkan kita dalam menyusun kalimat dengan passive participle.

Secara umum, kalimat yang paling sederhana setidaknya memiliki satu subject dan satu verb. Karena berfungsi sebagai adjective yang menerangkan tentang subject, passive participle harus diletakkan setelah subject.

Subject + V

Contoh: The ball is green. (Bola itu berwarna hijau)

S + Passive Participle + Verb

Contoh:

The ball thrown by my brother is green. (Bola yang dilempar oleh adikku itu berwana hijau.)

Demikian Contoh Kalimat passive participle (as an adjective) follows noun. Semoga bermanfaat.

 

 

azbahasainggris.com

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
04 Feb 2021