MATA KULIAH DASAR TEKNIK ELEKTRO YANG WAJIB DIKUASAI

MATA KULIAH DASAR TEKNIK ELEKTRO YANG WAJIB DIKUASAI

 

 

 / WISNU SRI NUGROHO

Kamu mahasiswa Teknik Elektro? Baru masuk atau sudah diwisudakan? Atau bercita-cita menjadi seorang mahasiswa Teknik Elektro??? Jika bicara soal Teknik Elektro, seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi, serta peluang kerja saat ini Teknik Elektro menjadi salah satu jurusan yang masih menjanjikan. Untuk kamu mahasiswa Teknik Elektro ada bebeapa mata kuliah dasar Teknik Elektro yang wajib kamu kuasai, setidaknya menguasai prinsip yang paling dasar dari mata kuliah ini, sebagai berikut.

  1. Rangkaian Listrik

Rangkaian Listrik tentu menjadi mata kuliah dasar yang wajib kamu kuasai. Listrik memang sesuatu hal yang tidak bisa terlihat dalam suatu rangkaian kecuali fenomena dari listrik itu, itupun hanya berupa percikan api dan lain sebagainya. Namun bukan berarti listrik tidak bisa dihitung, rangkaian listrik mempelajari tentang analisa serta perhitungan listrik yang mengalir pada suatu rangkaian dengan beberapa metode. Hal ini yang menjadi dasar dari Teknik Elektro, jika tidak menguasai mata kuliah ini tentu akan kesulitan dalam menghadapi mata kuliah yang lain.

  1. Elektronika

 

Mata kuliah Elektronika memberikan pelajaran dasar di Teknik Elektro, dimana materi pada mata kuliah ini berisikan tentang analisa serta prinsip kerja komponen-komponen dalam rangkaian listrik. Komponen yang dibahas pada mata kuliah ini biasanya berupa komponen aktif seperti dioda dan transistor. Bicara soal komponen elektronika tentu sangat dekat dengan mahasiswa Teknik Elektro, apapun bentuk rangkaian listrik sudah pasti terdapat komponen. Maka dari itu mata kuliah ini salah satu mata kuliah dasar Teknik Elektro yang wajib dipahami.

  1. Mesin Listrik

Mata kuliah ini pada dasarnya memiliki materi yang sama yakni mempelajari prinsip kerja dan perhitungan tentang mesin listrik. Namun mata kuliah ini jangan diremehkan bahkan sebagian mahasiswa menganggap mata kuliah ini mata kuliah yang cukup mengerikan. Hampir seluruh kehidupan disekitar kita menggunakan mesin listrik sehingga mata kuliah ini menjadi mata kuliah dasar untuk melewati mata kuliah selanjutnya baik itu yang mengambil arus kuat atau arus lemah.

  1. Sistem Telekomunikasi

Sistem telekomunikasi adalah ilmu yang mempelajari sistem untuk mengkomunikasikan data atau informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain. Disini akan memberikan gambaran mengenai sinyal, nah untuk yang akan mengambil konsentrasi telekomunikasi tentu ini harus dikuasai. Ini menjadi dasar karena setelah ini ada beberapa mata kuliah yang masih membahas sinyal secara umum.

  1. Energi Konversi Listrik

Mata kuliah ini mengajarkan proses pembangkitan energi listrik, secara tidak langsung mempelajari tentang generator serta prinsip kerja transformator. Maka dari itu ini salah satu dasar dari mahasiswa ilmu Teknik Elektro.

  1. Dasar Sistem Kendali

 

Pada mata kuliah Dasar Sistem Kendali akan mempelajari prinsip dasar dari suatu kendali itu sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali bertemu dengan suatu perangkat atau peralatan yang kerjanya terkendali secara otomatis seluruhnya atau sebagian. Bicara soal kendali tidak hanya mahasiswa yang mengambil konsentrasi  arus lemah yang wajib mengetahui prinsi dasar ini tapi semua mahasiswa Teknik Elektro wajib mengetahui ini, karena pada dasarnya kendali juga banyak digunakan atau ditemui di kehidupan sehari-hari seperti yang telah disampakan sebelumnya.

  1. Analisis Sistem Tenaga

Analisis sistem tenaga merupakan ilmu yang mempelajari sistem kelistrikan secara keseluruhan yang saling terhubung dari pembangkit, transmisi dan distribusi energi ke konsumen. Maka dari itu ini merupakan mata kuliah wajib diketahui terutama mahasiswa yang mengambil konsentrasi arus kuat.

  1. Teknik Digital

Teknik digital merupakan mata kuliah yang memelajari sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan besarannya 0 dan 1. Mata kuliah ini berisikan tentang gerbang logika. Sama seperti mata kuliah AST dan DSK tadi, kita hanya cukup tahu prinsip dasar dari digital beserta logikanya.

Itu tadi beberapa mata kuliah yang wajib kamu kuasai sebagai mahasiswa Teknik Elektro. Tidak hanya menjadi mahasiswa, ketika melamar pekerjaan bahkan orang awam yang bertanya tentang sesuatu biasanya akan berkaitan dengan mata kuliah itu. Semisal ada yang nanya “Kak, kok bisa ya orang desain mobil pas mundur, mobilnya bisa kasih indikator bunyi. Itu Gimana bisa?” , Nah ini kesempatan kamu untuk sok pinter didepan orang yang awam. Itu kenapa anak Teknik terlihat pintwr. Hahaa. #bercanda. Mata kuliah itu juga sering diujikan oleh dosen saat sidang, jadi ayo semangat belajarnya dan jangan sampai di sia-siakan kesempatan kuliahnya ya.

 

 

catatanwsn.wordpress.com

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
11 Des 2020