PERBEDAAN BAHASA KOREA DAN BAHASA JEPANG

PERBEDAAN BAHASA KOREA DAN BAHASA JEPANG

 

Korea dan Jepang telah menjadi tetangga di Laut Jepang, dan Korea juga berada di bawah kekuasaan Jepang untuk beberapa waktu di awal abad ke-20. Setelah Perang Dunia II, Korea terbagi menjadi Korea Utara dan Selatan ketika Jepang menyerah. Bahasa Korea dan Jepang adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada orang-orang maupun bahasa yang digunakan oleh orang-orang atau warga negara Korea dan Jepang masing-masing. Tapi di sini, kita akan membahas bahasa saja.

Kedua Korea menggunakan bahasa Korea yang sama yang menurut banyak orang sangat mirip dengan bahasa Jepang. Ada orang yang mengatakan bahwa belajar bahasa Korea adalah tugas yang mudah bagi siswa Jepang dan sebaliknya. Temuan terbaru menunjukkan bahwa bahasa Jepang dapat ditelusuri ke semenanjung Korea. Namun, meskipun ada kesamaan, ada perbedaan antara bahasa Jepang dan Korea yang akan disorot dalam artikel ini.

Ada banyak perbedaan antara bahasa Jepang dan Korea, tetapi yang paling menonjol adalah penggunaan sistem bahasa. Sementara Jepang menggunakan tiga sistem penulisan yang berbeda yang disebut Hiragana, Katakana, dan Kanji, orang Korea menggunakan sistem kabel tunggal yang disebut Hangul yang dikembangkan atas perintah Kaisar Sejong pada abad ke-15. Namun, sebelum Hangul dikembangkan, orang Korea memanfaatkan karakter Cina. Karakter yang digunakan dalam bahasa Jepang diperkenalkan ke Jepang oleh Cina.

Meskipun tidak ada jarak antara kata-kata dalam bahasa Jepang sehingga sulit bagi pelajar untuk mengetahui di mana kata berakhir dan yang lain dimulai, orang Korea menempatkan jarak antara kata-kata seperti bahasa Inggris untuk memudahkan siswa belajar bahasa. Sementara bahasa Jepang dan Korea memanfaatkan karakter Cina dan belajar bahasa Jepang tidak mungkin tanpa belajar kanji, dimungkinkan untuk membaca buku-buku dalam bahasa Korea tanpa belajar hanja (karakter Cina disebut di Korea).

Satu fitur bahasa Korea yang membuatnya sulit dipelajari adalah praktik memiliki 2-3 suara untuk sebagian besar konsonan sehingga sangat sulit untuk diingat bagi siswa. Bayangkan K memiliki suara yang berbeda dengan kata yang berbeda. Untungnya tidak demikian dalam bahasa Inggris. Walaupun bahasa Jepang memiliki 5 vokal, bahasa Korea memiliki lebih dari 18 vokal dengan banyak suara yang sama sehingga menyulitkan siswa untuk menguasai bahasa. Aturan tata bahasanya kompleks dalam bahasa Korea sementara mereka sederhana dalam bahasa Jepang.

 

Korea vs Jepang

• Alfabet Korea dikembangkan agak terlambat pada abad ke-15 dan disebut Hangul. Sebelum itu, orang Korea memanfaatkan karakter Cina.

• Jepang menggunakan tiga sistem penulisan di mana ada satu sistem penulisan dalam bahasa Korea.

• Tidak ada spasi di antara kata-kata dalam bahasa Jepang, sedangkan kata-kata dipisahkan dengan ruang standar seperti bahasa Inggris di Korea.

• Ada lebih banyak vokal dalam bahasa Korea daripada bahasa Jepang.

• Konsonan Korea memiliki beberapa bunyi yang membuat sulit dipahami oleh orang asing.

• Bahasa Korea dapat dipelajari tanpa Hanja (karakter Cina), sedangkan bahasa Jepang tidak mungkin dipelajari tanpa kanji (karakter Cina).

 

https://id.bccrwp.org/

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
26 Okt 2020