Seberapa Sulit Bahasa Jepang Itu?

Seberapa Sulit Bahasa Jepang Itu?

 

 

Jadi, seberapa sulitkah belajar bahasa Jepang? Nah, itu pertanyaan yang bagus! Saya senang Anda bertanya. Dan itu adalah pertanyaan yang sering saya tanyakan, mungkin sebagian karena banyaknya informasi yang membingungkan di internet tentang pertanyaan ini.

Di satu sisi, ada banyak blog dengan judul yang mirip seperti "10 alasan bahasa Jepang jauh lebih mudah dari yang Anda kira". Di sisi lain, ada lebih banyak makalah penelitian ilmiah yang menempatkan bahasa Jepang di sana dengan bahasa Mandarin, Arab Kanton, dan Korea dalam hal kesulitan.

Dan kemudian ada pertanyaan tentang bagaimana Anda mendefinisikan "sulit"? Dan siapa yang sulit? Dan… aku mengerti jika kepalamu mulai sakit sekarang.

Tetapi jangan takut teman-teman saya, sebagai seseorang yang telah tinggal di Jepang selama 20 tahun dan menggunakan bahasa Jepang setiap hari, mungkin saya dapat menawarkan beberapa anekdot dan pengalaman pribadi untuk membantu menjawab pertanyaan ini.

Tapi sebelum itu ...

Bahasa Jepang Apakah Itu Mirip Dengan Yang Lain?

Jawaban Singkat: Bahasa Jepang itu unik ...

Bahasa Jepang menjadi satu-satunya cabang dan digunakan oleh 130 juta orang. Ini memiliki struktur tata bahasa yang mirip dengan Korea dan mengadopsi karakter kanji Cina ke dalam sistem penulisan.

Bahasa ini tidak digunakan secara luas seperti bahasa Inggris dan tidak memiliki penutur sebanyak bahasa Mandarin, tetapi 130 juta penutur adalah jumlah yang cukup banyak.

Salah satu ciri bahasa Jepang adalah bahasa tertulis yang memiliki 3 aksara utama. Mereka adalah Hiragana, suku kata dasar, Katakana, digunakan untuk kata asing dan kanji, piktograf yang diimpor dari Cina. Romaji atau huruf romawi juga cukup umum digunakan di majalah, poster, dan buku sehingga hal-hal dapat menjadi sedikit membingungkan bagi siswa yang baru mengenal bahasa Jepang.

Jadi, dengan pengecualian kanji China dan massa kata Katakana yang semakin meningkat, bahasa Jepang tidak begitu mirip dengan bahasa lain.

Ya, Tetapi Apakah Bahasa Jepang Itu Sulit?

Pertama-tama kita harus bertanya…

Apa itu bahasa yang "sulit"?

Jawaban singkat: Bahasa yang membutuhkan waktu lama untuk dipelajari dan / atau sangat berbeda dari bahasa ibu Anda… dengan pengecualian…

Salah satu cara, tetapi bukan satu-satunya cara, untuk mendefinisikan bahasa yang "sulit" adalah dengan melihat betapa berbedanya bahasa itu dari bahasa ibu Anda sendiri. Misalnya, belajar bahasa Spanyol dianggap mudah bagi penutur bahasa Italia karena kedua bahasa tersebut memiliki tata bahasa dan kosa kata yang sangat mirip. Mereka juga memiliki akar bahasa Latin yang umum. Di sisi lain, penutur bahasa Prancis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai tingkat kemahiran yang sama dengan bahasa Kanton karena kedua bahasa tersebut hampir sama sekali tidak berhubungan.

Lembaga Layanan Luar Negeri Departemen Luar Negeri AS telah merilis daftar bahasa yang diurutkan berdasarkan kesulitan untuk penutur asli bahasa Inggris. Mereka menghitung perkiraan jumlah jam yang harus Anda pelajari untuk mencapai tingkat "S3" yang merupakan "kemahiran profesional umum dalam berbicara". Misalnya, mereka menghitung bahwa penutur bahasa Inggris membutuhkan waktu sekitar 500 jam untuk belajar bahasa Afrikaans, 750 jam untuk belajar bahasa Jerman, dan 900 jam untuk belajar bahasa Swahili dengan tingkat kemahiran yang sebanding.

Jadi coba tebak di manakah skala Jepang? Benar, 2200 jam di atas sana dengan bahasa Arab dan Mandarin.

Aduh…

Idenya adalah karena tata bahasa dan kosakata bahasa Jepang dasar sangat tidak berhubungan dengan bahasa Inggris apalagi bahasa Indonesia, rata-rata penutur bahasa Inggris dan juga penutur bahasa Indonesia, Anda akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memahaminya.

Sangat menarik bahwa bahasa Korea, China, dan Jepang dikelompokkan menjadi satu. Jika Anda pernah ke pusat Tes Kecakapan Bahasa Jepang di Jepang, tidak jarang melihat banyak siswa China dan Korea yang mengalahkan rekan-rekan Barat mereka secara langsung dalam ujian.

Tata bahasa Korea dan Jepang sangat mirip dan Jepang mengandung banyak karakter kanji Cina. Jadi, Anda dapat melihat bagaimana teman-teman Cina dan Korea kita sering kali bisa belajar bahasa Jepang dengan baik.

Namun di sinilah teori ini sedikit rusak: Saya pribadi merasa bahwa bahasa Prancis jauh lebih sulit dipelajari daripada bahasa Jepang. Itu mungkin karena:

  1. Saya tidak memperhatikan pelajaran bahasa Prancis di sekolah dan membuat kehidupan guru saya yang malang seperti neraka… maaf.
  2. Menurut saya bahasa Prancis membingungkan karena ketika saya tidak tahu sepatah kata pun, saya hanya menggunakan kata dalam bahasa Inggris dengan pengucapan bahasa Prancis. Ini berhasil sebagian besar waktu untuk kata-kata seperti "internasional" tetapi di lain waktu itu membuat teman-teman Prancis saya yang malang bingung, tertawa histeris atau terkadang sangat marah, mereka tidak akan memberi saya sepotong pain au chocolat lagi.
  3. Saya hanya orang aneh
  4. Jadi, "kesulitan" bisa sedikit sulit untuk didefinisikan dan kami bahkan belum membicarakan faktor lain seperti motivasi dan jam pengungkapan bahasa tersebut.

Tetapi untuk saat ini, mari kita uraikan bahasa Jepang menjadi beberapa bagian dan lihat seberapa sulit berbicara, tata bahasa, mendengarkan dan menulis dan bagaimana mereka dibandingkan dengan bahasa lain, setidaknya menurut pengalaman saya.

Seberapa Sulit Berbicara Bahasa Jepang?

Jawaban singkat: Pengucapannya lugas dan percakapan dasar tidak terlalu menantang.

Mari kita mulai dengan pengucapan. Hal terbaik tentang bahasa Jepang adalah Anda bisa lolos dengan pengucapan yang tidak sempurna dan masih membuat diri Anda dipahami sampai taraf tertentu. Di sisi lain, Anda memiliki bahasa tonal seperti Thailand, Kanton, dan Mandarin yang terkenal sulit diucapkan oleh penutur bahasa Inggris dengan akurat. Teriakan untuk teman-teman Kanton saya yang menderita penghinaan karena saya membunuh bahasa indah mereka saat mereka mencoba mengajari saya beberapa frasa sederhana dengan sia-sia. Tapi setidaknya mereka memiliki seseorang untuk ditertawakan jadi saya yakin itu tidak terlalu buruk.

Pengucapan bahasa Jepang mengharuskan Anda untuk hanya mempelajari 5 suara vokal: a, i, u, e o seperti dalam kalimat yang sering dikutip "Tolong berikan saya dua telur gulung". Pelajari bunyi vokal itu dan selesai. Meskipun tidak pernah disebutkan bahwa mnemonik ini bekerja paling baik dengan aksen Amerika daripada aksen Inggris.

Mengenai percakapan dasar, menurut saya itu cukup sederhana. Ini karena menurut pengalaman saya, tata bahasa Jepang dasar agak logis. Selain itu, bahasa Jepang sangat bagus karena ada daftar frasa harian frekuensi tinggi yang dapat digunakan dalam banyak situasi. Cukup pelajari daftar mereka dan Anda akan segera menguasai percakapan dasar.

Berbicara dengan sangat lancar dan terdengar seperti penutur asli itu sulit, tetapi itu berlaku untuk bahasa apa pun. Percakapan dasar, menurut saya, tidak terlalu sulit.

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
23 Okt 2020