TRANSAKSI DAN PERSAMAAN AKUNTANSI

TRANSAKSI DAN PERSAMAAN AKUNTANSI

 

 

 

BAB III
TRANSAKSI DAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

 III.1 Transaksi Keuangan Perusahaan

Transaksi keuangan adalah semua transaksi yang terjadi dalam usaha yang dapat mengakibatkan perubahan harta, utang, modal, pendapatan dan beban. Sehingga harus diproses mulai dari pencatatan sampai dengan disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Pencatatan transaksi keuangan adalah tahap yang paling awal yang terdiri dari beberapa kegiatan yaitu identifikasi dan pengukuran, pencatatan ke dalam jurnal dan penggolongan ke dalam rekening buku besar. Transaksi  keuangan perusahaan digolongkan menjadi 2, yaitu :

  • Transaksi keuangan internal:

Adalah transaksi yang terjadi secara internal tanpa melibatkan pihak dari luar                    perusahaan. Contohnya penetapan pemakaian perlengkapan dan penetapan jumlah piutang tak tertagih.

  • Transaksi keuangan eksternal

Adalah transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dengan pihak lain di luar perusahaan. Contohnya transaksi jual barang kepada pelanggan, transaksi pembelian dengan pihak supplier.

III.2 Persamaaan Dasar Akuntansi

Dalam Persamaan Dasar Akuntansi, ada tiga kelompok akun yang dijumpai, masing-masing adalah aktiva, kewajiban, dan ekuitas. Pos pendapatan dan pos biaya dicatat dalam rekening-rekening tersendiri yaitu rekening pendapatan dan rekening biaya. Masing-masing jenis akun yang tergabung dalam kelompok rekening bersangkutan disediakan rekening tersendiri.

Peraturan pencatatan digunakan aturan debit kredit, yaitu aturan yang digunakan untuk mencatat perubahan aktiva, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan biaya dalam rekening yang bersangkutan.

Prinsip dasar pencatatan transaksi keuangan adalah dengan persamaan dasar akuntansi, yaitu :

9

III.3 Pencatatan Transaksi Keuangan ke Dalam Persamaan Akuntansi

Ilustrasi Transaksi:

Tuan Tanaka pada tanggal 2 Juni 2012 mendirikan perusahaan jasa yang diberi nama PT. Tanaka Maju. Berikut uraian transaksi yang terjadi selama bulan tersebut:

10

Penyelesaian:

11

*Aktiva = pasiva = 17.209.800, sesuai dengan persamaan dasar akuntansi.

 

 

 

https://pengantarakuntansi1.wordpress.com/iii-transaksi-dan-persamaan-akuntansi/

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
24 Des 2020