UNIT USAHA

UNIT USAHA

 

 

 

 

BAB IV
UNIT USAHA

IV.1 Pengertian Perusahaan

  • organisasi kegiatan ekonomi ( menghasilkan produk barang dan jasa) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • dijalankan oleh manajemen
  • untuk mengelola sumber ekonomi berupa dana yang dipercayakan kepadanya   oleh     penyedian dana (pemilik dan investor) dengan cara melakukan kegiatan ekonomi (memproduksi barang atau jasa) dengan tujuan mendatangkan laba bagi penyedia dana tersebut.

IV.2 Jenis Perusahaan

  • Perusahaan jasa: komunikasi, rekreasi, tempat tinggal, keahlian perorangan, pertanggungan, reparasi dan pemeliharaan, hidangan, transportasi, persewaan, profesi, pelayanan khusus, pelatihan dan ketrampilan serta keuangan dan pendanaan.
  • Perusahaan perdagangan : kegiatan yang dilakukan adalah buying, selling, assorting, financing, storage, sorting, grading, transportasi, penyediaan informasi pasar, penanggungan resiko.
  • Perusahaan manufaktur : pabrikasi (manufacturing, perakitan/assembling, kerajinan, pertanian, pengawetan).

IV.3 Bentuk Perusahaan

  • Perorangan:

Perusahaan milik satu orang yang biasanya bertindak sekaligus sebagai manajer. Perusahaan perseorangan bukan merupakan badan hukum sehingga pemilik bertanggung jawab secara pribadi atas utang-utang perusahaan. Demikian pula kekayaan secara yuridis tidak dipisahkan dari kekayaan pribadi. Namun sudut pandang akuntansi seolah-olah sebagai kesatuan yang terpisah dari pemilik.

  • Persekutuan:

Perusahaan dimiliki oleh dua orang atau lebih yang sepakat bekerja sama menjalankan usaha. Bentuk ini bukan merupakan badan hukum sehingga sekutu bertanggung jawab atas utang piutang perusahaan secara pribadi. Bentuk ini terdiri dari Persekutuan Firma dan Persekutuan Komanditer (CV).

  • Perseroan Terbatas:

Persekutuan yang berbadan hukum untuk menjalankan suatu perusahaan. Sebagai badan hukum perusahaan dianggap sebagai kesatuan yang berdiri sendiri terpisah dan persero-persero/pemegang sahamnya. Kata terbatas menunjukkan bahwa tanggungjawab pemegang saham adalah terbatas pada modal yang telah disetor ke perusahaan.

  • Koperasi:

Merupakan badan usaha yang diatur oleh UU khusus yaitu UU perkoperasian yang merupakan bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama anggota koperasi. Untuk menjadi anggota diwajibkan menyetor simpanan pokok dan wajib sesuai dengan anggaran dasar koperasi. Koperasi merupakan badan hukum sehingga anggota tidak bertanggungjawab penuh atas tindakan koperasi yang berkait dengan pihak ketiga.

 

 

 

https://pengantarakuntansi1.wordpress.com/iv-unit-usaha/

Jangan mau ketinggalan zaman manfaatkan teknologi yang ada untuk masa depan yang lebih cerah. Ayo download aplikasinya sekarang juga. Klik Link dibawah ini yaa. 

images
Nah, setelah membaca semua tips yang kami berikan di atas, bagaimana menurut kalian? Mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan dishare ke teman-temannya jika ini bermanfaat.
By Admin
24 Des 2020